Advertisement

Mahasiswa Gelar Swab Massal untuk Ojol hingga Pelaku Perjalanan

Sunartono
Kamis, 23 Desember 2021 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mahasiswa Gelar Swab Massal untuk Ojol hingga Pelaku Perjalanan Salah satu mahasiswa memeriksa hasil swab antigen massal. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sejumlah mahasiswa yang tergabung dari organisasi Sapma PP menggelar swab antigen massal melalui kerja sama dengan sejumlah instansi kesehatan, Rabu (22/12/2021).

Ketua Sapma PP UGM Mahendra Adriansyah menjelaskan swab massal digelar di Lembah UGM dengan pengawasan tenaga medis yang berwenang. Adapun kegiatan tersebut melibatkan sejumlah mahasiswa dari UGM, UAJY, UII dan Instiper.

Advertisement

Ia berharap melalui swab tersebut dapat membantu pemerintah dalam melakukan pelacakan Covid-19. Kegiatan itu digelar melalui kerja sama dengan pihak berwenang seperti tenaga kesehatan dari Fakultas Kedokteran UGM, RS Pusat Angkatan Udara Hardjolukito dan Gadjah Mada Medical Center dalam ranah medis.

“Swab antigen menjadi salah satu dari beberapa cara medis untuk mengetahui apakah suatu virus terdapat kepada seorang individu, sehingga perlu dicegah penyebaran virus yang seperti telah terjadi pada dua gelombang sebelumnya. Kami berusaha untuk berkontribusi dalam hal ini dengan melakukan swab massal,” katanya, Kamis (23/12/2021).

Ia menambahkan swab massal tersebut diikuti sebanyak 150 orang dari berbagai kalangan. Mulai dari drivel ojol, masyarakat umum, pengguna jalan hingga pekerja lapangan. Mahendra memastikan sebelum digelar, semua panitia lebih dahulu dilakukan swab dan hasilnya negatif. Selain itu semua warga yang mengikuti swab antigen hasilnya juga negatif.

“Kegiatan ini sebagai bentuk jiwa gotong royong kami terhadap masyarakat umum, swab massal dilakukan sepenuhnya gratis dan sesuai dengan protokol kesehatan di bawah pengawasan pihak yang berwenang dalam hal medis,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement