Advertisement

Ganjar Lepas Ekspor Produk Unggulan Jateng ke Berbagai Negara, Total Rp343 Miliar

Media Digital
Kamis, 23 Desember 2021 - 16:57 WIB
Budi Cahyana
Ganjar Lepas Ekspor Produk Unggulan Jateng ke Berbagai Negara, Total Rp343 Miliar Rabu (23/12/2021), Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melepas ekspor beragam produk unggulan asal Jateng dengan nilai ekspor sebesar Rp343 miliar. - Istimewa

Advertisement

SALATIGAPandemi tak menghalangi Jawa Tengah terus menggenjot ekspor produk unggulan ke berbagai negara di dunia. Rabu (23/12/2021), Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melepas ekspor beragam produk unggulan asal Jateng dengan nilai ekspor sebesar Rp343 miliar.

Pelepasan ekspor dilakukan di PT Selalu Cinta Indonesia (SCI) Kota Salatiga. Ada 14 perusahaan yang ikut andil dalam pengiriman ekspor itu, dengan produk unggulan seperti furniture, briket, makanan olahan, gula kelapa, alas kaki dan pipa. Adapun negara tujuan adalah Amerika Serikat, Belanda, Spanyol, Jerman, Vietnam, Arab Saudi, Hungaria, India, Belgia, Polandia, Kanada, Italia dan Singapura.

"Hari ini saya hadir dalam prosesi pelepasan ekspor, ada 14 perusahaan Jateng yang hari ini melakukan ekspor. Ini bagian dari semangat, bahwa di akhir tahun kita tidak mlempem, tetap mencari solusi agar kita bisa eksis dalam berdagang," kata Ganjar.

Ganjar mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang mendukung kelancaran ekspor produk-produk unggulan Jateng ke berbagai negara itu. Ia juga meminta agar semua perusahaan dan eksportir Jateng tetap semangat dan tidak putus asa.

"Meski tadi saat diskusi, saya mendapat keluhan kesulitan kontainer, karena banyak pelabuhan di dunia yang belum membuka itu dengan baik. Nanti kita akan carikan solusinya, agar mereka bisa tetap menjalankan roda ekonomi," ucapnya.

Ganjar menerangkan kondisi pandemi saat ini sudah mulai membaik. Dengan begitu, diharapkan kegiatan ekspor ini bisa menjadi spirit untuk kebangkitan ekonomi Jawa Tengah.

"Saya terimakasih karena Jateng dipercaya, perusahaan-perisahaan tetap aksis dan menjaga harmoni. Hubungan industrial yang baik, iklim investasi yang kondusif membuat kita semua jadi nyaman. Mari kita jaga, karena kalau iklimnya ruwet dan tabrakan terus, pasti suasana menjadi kurang baik," katanya.

Sementara itu, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, Veri Anggriono Sutiarto mengatakan, pihaknya melakukan secara rutin kegiatan ekspor akhir tahun. Dan menurutnya, kinerja ekspor khususnya dari Jateng sangat mendukung neraca perdagangan nasional.

"Kami terimakasih pada pak Gubernur Jawa Tengah dan seluruh jajaran, para eksportir dan Bupati/Wali Kota yang terus mendukung investasi di Jateng. Sehingga, nilai ekspor yang dilakukan pengusaha-pengusaha Jateng selalu tinggi dan mendukung kinerja neraca perdagangan kita," ucapnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Alasan Polisi Enggan Beberkan Motif Pembunuhan Brigadir J

News
| Kamis, 11 Agustus 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jajal Keseruan Flying Fox Ledok Sambi, Solusi bagi yang Malas Lewat Tangga

Wisata
| Kamis, 11 Agustus 2022, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement