4 Kawasan Sentra Kuliner Khas Jogja untuk Liburan

Ilustrasi warung angkringan.-JIBI/Bisnis Indonesia - Endang Muchtar
25 Desember 2021 11:07 WIB Bhekti Suryani Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Berwisata ke Jogja belum lengkap bila tak menjajal ragam kuliner lokal yang ada di wilayah ini. Sejumlah daerah di DIY diketahui menjadi kawasan atau sentra kuliner khas lokal yang bisa jadi opsi kunjungan wisatawan.

Harianjogja.com, merangkum sejumlah sentra atau kawasan kuliner lokal khas Jogja, sebagai berikut:

1. Gudeg Wijilan

Kawasan wisata gudeg Wijilan sudah sangat terkenal dan legendaris. Di Kawasan ini berjejer lapak pedagang gudeg yang bisa dipilih wisatawan.

Wisatawan yang berlibur ke Jogja bisa mencoba panganan gudeg yang merupakan kuliner khas lokal Jogja. Sentra gudeg Wijilan berlokasi di sebelah timur Alun-Alun Utara atau jalur menuju Alun-Alun Selatan. Lokasinya yang strategis di jantung Kota Jogja kerap didatangi wisatawan yang berlibur ke Kota Gudeg.

2. Ingkung Pajangan

Bagi penggemar ayam ingkung, layak berkunjung ke kawasan Pajangan, Bantul. Di kawasan ini terdapat beragam rumah makan atau restoran yang khusus menjual kuliner ayam ingkung.

Wisatawan punya banyak pilihan saat datang ke tempat ini. Ayam ingkung selama ini kerap menjadi favorit wisatawan karena rasanya yang lezat. Pembuatan ayam ingkung ini memakan waktu berjam-jam sehingga menciptakan rasa khas.

3. Sate Klatak Jalan Imogiri

Ingin mencoba sate yang tak biasa, wisatawan bisa mencicipi kuliner khas lokal Bantul sate klatak. Kuliner yang khas karena menggunakan jeruji besi sebagai alat tusuk sate ini bisa ditemukan di sepanjang Jalan Imogiri Barat dan Imogiri Timur di Bantul, DIY.

Di sepanjang jalan berjejer lapak-lapak penjualan sate klatak yang bisa dipiih wisatawan saat berlibur ke Jogja.

4. Angkringan Tugu
Kalau kuliner yang satu ini cukup melegenda dengan ciri khasnya yakni kopi jos, atau arang panas yang dicelup ke dalam kopi panas.

Sesuai namanya, kawasan angkringan Tugu bertebaran di sebelah utara Stasiun Tugu Jogja. Selain berada di sebelah stasiun, kini kuliner-kuliner angkringan serupa berupa lesehan bertebaran di sepanjang Jalan Mangkubumi Jogja yang tak jauh dari stasiun.

Wisatawan yang bepergian menggunakan kereta api, bisa mampir di kawasan kuliner yang buka malam hari ini sebelum naik kereta api atau yang baru tiba di Jogja.