Advertisement

Lingkar Pendopo Agung Jadi Arena Penguatan Intelektual dan Kebudayaan

Galih Eko Kurniawan
Rabu, 29 Desember 2021 - 13:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Lingkar Pendopo Agung Jadi Arena Penguatan Intelektual dan Kebudayaan Rektor Universitas Widya Mataram Profesor Dr. Edy Suandi Hamid meresmikan Lingkar Pendopo Agung sebagai arena penguatan dan pengayaan intelektual serta kebudayaan di lingkungan UWM, Selasa (28/12/2021). - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rektor Universitas Widya Mataram Profesor Dr. Edy Suandi Hamid meresmikan Lingkar Pendopo Agung sebagai arena penguatan dan pengayaan intelektual serta kebudayaan di lingkungan UWM, Selasa (28/12/2021).

“Ruang ini menjadi arena diskusi, lokakarya, seminar, bedah buku ataupun kegiatan literasi serta kegiatan kebudayaan,” tuturnya, Selasa. Salah satu agenda yang diluncurkan adalah program Kutunggu di Pojok Ngasem.

Advertisement

Dalam program yang digelar pada Jumat (11/12/2021), terdapat beberapa kegiatan, seperti temu Kamis Legen, architecture factory lab, Solo artwork exhibition/showcase, Pendapa Agung mid monthly performances, October Fest yang bersamaan dengan acara Dies Natalis UWM serta Lingkar Pendopo Agung.

Edy Suandi Hamid menyatakan Lingkar Pendopo Agung bagian dari strategi menghidupkan suasana akademik di lingkungan sivitas akademika UWM. “Caranya dengan mengoptimalkan seluruh ruang yang ada di dalamnya. Ini kesempatan sekaligus tantangan bagi seluruh sivitas akademika UWM untuk memanfaatkan arena tersebut,” ungkapnya.

Kegiatan itu menjadi penegasan UWM terus bergerak ketika pandemi Covid-19 menyebabkan penyelenggaraan kegiatan akademik berubah dari luring (teatap muka) ke daring. Demikian halnya pola hubungan antarmanusia ikut berubah.

Kegiatan perdana dalam Lingkar Pendopo Agung berupa bedah buku berjudul Penguatan Fungsi Legislasi Dewan Perwakilan Daerah karya Kelik Endro Suryono, Dekan Fakultas Hukum UWM, dan buku Laku dan Lelaku karya Alex Luthfi, Dekan Fakultas Seni Media Rekam ISI Jogja periode 2008-2012 dan 2012-2016.

Wakil Rektor III UWM Puji Qomariyah menyatakan peluncuran Lingkar Pendopo Agung bagian dari strategi universitas ini menghidupkan suasana akademik sepanjang tahun. “UWM bekerja keras dalam situasi transisi untuk menata ulang suasana kampus agar suasana budaya akademik tetap terjaga sepanjang waktu di lingkungan kampus ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Jepang Gugat Pemerintah Soal Evek Samping Vaksin Covid-19

News
| Kamis, 18 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement