Advertisement

Selamat! Jogja Raih Penghargaan Kota Terinovatif 2021, Ini Keunggulannya

Sirojul Khafid
Rabu, 29 Desember 2021 - 18:47 WIB
Bhekti Suryani
Selamat! Jogja Raih Penghargaan Kota Terinovatif 2021, Ini Keunggulannya Logo Pemkot Jogja (Harian Jogja)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja meraih penghargaan Innovative Government (IGA) Award tahun 2021 dalam Kategori Kota Terinovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Kategori ini sebagai apresiasi untuk pemerintah daerah yang dinilai melakukan inovasi dalam tata kelola pemerintah dan pelayanan publik.

Menurut Kepala Bappeda Kota Jogja, Agus Tri Haryono, penghargaan ini untuk menggairahkan, meningkatkan motivasi, serta percaya diri masyarakat. Penghargaan ini sebagai hasil kreasi dan terobosan, serta inovasi Pemkot Jogja dan masyarakat dalam pemecahan masalah di Kota Jogja.

Advertisement

Salah satu inovasi unggulan Pemkot Jogja yaitu pelayanan publik secara digital melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) dan gerakan Gandeng Gendong. Hal ini relevan terutama dalam merespon masa pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Ban Baru Terasa Licin, Ini Sebab & Cara Mengatasinya

“JSS dan Gandeng Gendong adalah inovasi yang berkelanjutan dan selalu diperbarui sejak diluncurkan tahun 2018. Kami harap ASN terus mengasah kepekaan, empati, keterampilan inovasi dan menuliskan gagasan. Dengan penerapan inovasi secara menyeluruh oleh perangkat daerah, harapannya dapat mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang inovatif, sehingga proses pembangunan untuk menyejahterakan masyarakat dapat berjalan secara efektif dan efisien,” kata Agus usai pemberian penghargaan secara daring di Kompleks Balai Kota Jogja, Rabu (29/12/2021).

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan bahwa inovasi Pemkot Jogja pada tahun 2020-2021 sebagian besar merespon kondisi pandemi dan beradaptasi untuk pemulihan sosial dan ekonomi. Beberapa inovasi Pemkot Jogja di antaranya print from home yaitu inovasi cetak dokumen perizinan secara mandiri melalui JSS, kegiatan belajar siswa secara online, aplikasi nglarisi untuk mendukung Usaha Kecil Menengah kuliner.

“Inovasi harus terus dikembangkan dan ditambah terus, agar sempurna serta memudahkan kami dalam bekerja mengorganisir pemerintah dan bermanfaat bagi masyarakat. Inovasi Pemkot Jogja dalam bentuk JSS sebagai Balai Kota di dunia maya dan Gandeng Gendong terus beradaptasi di masa pandemi,” kata Heroe.

Mendagri RI, Muhammad Tito Karnavian mengatakan penilaian IGA melibatkan banyak pihak dan tim independen untuk menjaga objektifitas. Ada empat tahapan penilaian berupa penjaringan, pengukuran dan penilaian, presentasi kepala daerah, dan peninjauan lapangan.

Kegiatan IGA 2021 diikuti 519 pemerintah daerah dengan 25.124 inovasi. Seluruh pemenang terbagi dalam kategori 5 provinsi terinovatif, 10 kota terinovatif, dan 10 kabupaten terinovatif. “Tiap tahun Kemendagri berikan IGA Award. Saya harap kegiatan ini bukan hanya seremonial. Kami ingin mendorong penghargaan ini agar terobosan dan inovasi betul-betul yang diperlukan. Kementerian Keuangan juga ikut menilai karena hasil ini menjadi rekomendasi untuk pemberian dana insentif daerah,” kata Tito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 8 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement