Advertisement

Proyek Kawasan Pendukung Malioboro Berlanjut, Pedestrian Senopati Dirombak

Yosef Leon
Senin, 03 Januari 2022 - 18:27 WIB
Bhekti Suryani
Proyek Kawasan Pendukung Malioboro Berlanjut, Pedestrian Senopati Dirombak Suasana kawasan Malioboro, Jumat (24/12/2021) pagi - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) setempat kembali melanjutkan proyek penataan dan revitalisasi pedestrian di seputaran Malioboro. Kali ini yang disasar yakni pedestrian di sepanjang Jalan Senopati sebagai bagian pendukung kawasan sumbu filosofis Jogja.

Kepala DPUPKP Kota Jogja, Hari Setyawacana mengatakan, ada dua pekerjaan fisik trotoar yang diusulkan masuk pada tahun anggaran 2022 salah satunya yakni di Jalan Senopati. "Pedestrian Senopati akan kita revitalisasi termasuk juga di Sosrowijayan. Yang sudah pasti baru di Senopati sampai sejauh ini,"katanya, Senin (3/1/2022).

Hari menjelaskan, proyek revitalisasi pedestrian di Jalan Senopati merupakan kelanjutan dari pekerjaan pedestrian di Jalan KHA Dahlan yang telah rampung pada akhir 2021 lalu. "Jadi konsepnya nyambung dengan KHA Dahlan, sampai perempatan Gondomanan. Sehingga, konsepnya ini lebih kurang lebih tetap sama," jelasnya.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA: Tok! Vaksinasi Booster Dimulai 12 Januari 2022

Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan DPUPKP Kota Jogja, Hasri Nilam Baswari mengutarakan, revitalisasi pedestrian di Jalan Senopati nantinya akan menggunakan dana keistimewaan (danais) senilai Rp15,9 miliar. Pengerjaannya akan mulai dilakukan setelah Lebaran 2022.

"Kalau yang untuk Senopati itu revitalisasinya nanti akan menggunakan danais anggaran 2022, jadi di tahun ini kami melanjutkan penataan pedestrian di Jalan Senopati. Nantinya akan dimulai dari titik Nol KM sampai ke simpang empat Gondomanan," katanya.

Revitalisasi pedestrian di kawasan itu nantinya dilakukan di kedua sisi baik di sebelah utara depan Taman Pintar maupun sebelah selatan di depan gedung Bank Indonesia, mulai dari Titik Nol Km sampai ke perempatan Gondomanan akan dibongkar. Saat ini, DPUPKP tengah melakukan kajian ulang kepada rancangan proyek.

"Mulai dikerjakan nanti kemungkinan besar setelah lebaran dan sekarang tengah kita review untuk perencanaannya dulu. Anggarannya dari danais dan selama tidak ada perubahan itu akan kita kerjakan," ujarnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Pengunjung FKY Tembus 39.000 Orang

Pengunjung FKY Tembus 39.000 Orang

Jogjapolitan | 44 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK: Hakim Agung Sudradjad Bermain di Banyak Perkara

News
| Minggu, 25 September 2022, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement