Advertisement

Kapan Vaksin Booster Diberikan kepada Warga DIY? Ini Jawaban Pemda

Sunartono
Rabu, 05 Januari 2022 - 07:17 WIB
Budi Cahyana
Kapan Vaksin Booster Diberikan kepada Warga DIY? Ini Jawaban Pemda Penyandang disabilitas mendapatkan vaksin Covid-19. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Vaksin dosis ketiga Covid-19 alias booster akan diberikan mulai 12 Januari nanti. Pemda DIY masih menunggu instruksi dari pemerintah sebelum memberikan vaksin booster kepada masyarakat umum.

Ketua Satgas Percepatan Vaksinasi DIY Sumadi Sumadi mengatakan belum ada arahan khusus dari Pemerintah Pusat soal pemberian vaksin booster kepada masyarakat umum. DIY belum dapat membeberkan ketentuannya apakah berbayar atau tidak, apalagi vaksinasi untuk umum membutuhkan banyak logistik stok vaksinasi.

“Tetapi paling tidak kami membutuhkan untuk tenaga kependidikan, sukarelawan yang bersentuhan langsung dengan Covid-19," katanya.

Sumadi mengatakan DIY memiliki stok vaksin yang dikejar masa kedaluwarsanya. Pemda DIY akan mengajukan penggunaan stok vaksin yang ada sebagai vaksin booster.

“Karena di wilayah Jawa dan Bali persentasenya sudah cukup tinggi, kalau [stok vaksin yang tersisa] dikirim ke luar Jawa agak repot dari sisi akomodasi. Kami melihat ke asas manfaat, daripada expired dibuang, lebih baik dimanfaatkan untuk booster,” katanya, Selasa (4/1/2022).

Ia belum dapat memastikan jumlah vaksin yang akan digunakan untuk booster. Tetapi, Sumadi memberikan gambaran setiap pekan selalu ada vaksin yang mendekati kedaluwarsa. "Waktu kedaluwarsanya berbeda-beda, ada yang pekan ini, pekan depan dan seterusnya. Tetapi setiap pekan selalu ada," ujarnya.

Vaksinasi ketiga untuk para guru ini akan diberikan setelah ada izin. "Kalau memang sudah mendapatkan izin dari Pusat dan stok vaksin ada, saya kira DIY siap untuk booster para guru. Bisa juga bersamaan dengan vaksinasi anak usia 6-11 tahun," katanya.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyatakan vaksin booster di DIY telah diberikan pada tenaga kesehatan dan sukarelawan dan selanjutnya akan menyasar para pendidik atau guru serta tenaga kependidikan dengan memanfaatkan sisa vaksin. DIY sedang mengajukan permintaan izin ke Pusat menggunakan sisa vaksin untuk booster bagi guru. Jika izin sudah diberikan, vaksinasi ketiga bagi para pendidik akan segera digelar.

 

 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

212 Calon PMI Ilegal yang Gagal ke Kamboja Diduga Hendak Kerja untuk Judi Online

News
| Minggu, 14 Agustus 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Pemandangan Tujuh Gunung dari Ngablak Magelang

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement