Advertisement

Tahun Ini, Dinsosnakertrans Jogja Buka 12 Pelatihan

Sirojul Khafid
Senin, 10 Januari 2022 - 11:17 WIB
Budi Cahyana
Tahun Ini, Dinsosnakertrans Jogja Buka 12 Pelatihan Ilustrasi pelatihan kerja. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) berencana menyelenggarakan 12 jenis pelatihan kerja pada 2022. Pelatihan dengan tujuan meningkatkan pembinaan dan produktivitas tenaga kerja (naker) ini menyasar 260 peserta. Di samping pelatihan, ada pula program magang untuk 50 peserta.

Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinsosnakertrans Kota Jogja, Erna Nur Setyaningsih mengatakan pelatihan ini juga menjadi cara menangani kesenjangan antara kebutuhan tenaga kerja dan kompetensi, terlebih dampak dari perkembangan teknologi industri.

Advertisement

Dalam pelaksanaannya, Dinsosnakertrans Jogja juga melibatkan peran swasta, yaitu Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). Di LPK banyak instruktur yang kompetensinya sesuai dengan kebutuhan pelatihan. “Kami juga memiliki program kegiatan pembinaan LPK, agar LPK di Kota Jogja memiliki dan memenuhi standar kompetensi yang dibutuhkan sebagai penyelenggara pelatihan,” kata Erna.

Menurut Sub Koordinator Kelompok Substansi Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja, Bidang Pengembangan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinsosnakertrans Jogja, Fendi Widyanto, beberapa jenis pelatihan untuk satpam 20 orang serta pelatihan menyetir mobil dan SIM A untuk 40 orang.

Ada pula pelatihan tata rias kecantikan 20 orang, pelatihan menjahit dasar 20 orang, pelatihan menjahit terampil 20 orang, pelatihan komputer 20 orang, pelatihan barista 20 orang, pelatihan EO 20 orang, pelatihan sosial media marketing 20 orang, pelatihan membatik 20 orang, pelatihan cake and pastry 20 orang, dan pelatihan web program 20 orang.

Untuk warga Kota Jogja yang akan mengikuti pelatihan perlu memenuhi persyaratan seperti KTP Kota Jogja dengan usia 18-50 tahun, memilki kartu pencari kerja (AK1/kartu kuning), ijazah terakhir, pas foto 3x4 berwarna, dan sertifikat keterampilan (untuk peserta pelatihan lanjutan). 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement