Advertisement

Deteksi Omicron di DIY, Sampel Warga Positif Diperiksa dengan WGS

Sunartono
Senin, 10 Januari 2022 - 18:37 WIB
Bhekti Suryani
Deteksi Omicron di DIY, Sampel Warga Positif Diperiksa dengan WGS Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Kesehatan DIY memastikan sampai saat ini belum ditemukan adanya kasus varian Covid-19 Omicron. Meski demikian pelacakan terus dilakukan dengan mengirim sampel pasien positif untuk diperiksa dengan metode whole genome sequencing (WGS).

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie memastikan hingga saat ini belum ditemukan kasus Omicron. Namun saat ini semua kabupaten dan kota mengirimkan sampel warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan CT Value di bawah 30.

Advertisement

“Belum ditemukan [omicron] di DIY, semoga tidak ada. Saat ini semua kabupaten dan kota mengirimkan sampel untuk diperiksa WGS terutama yang CT-nya kurang dari 30,” katanya kepada wartawan di Kepatihan, Senin (10/1/2022).

Ia menambahkan, dari beberapa sampel yang diperiksa WGS, salah satunya ada klaster di Kulonprogo yang sempat menambahkan delapan kasus pada Minggu (9/1/2022). Klaster di Kulonprogo ini, menurutnya berawal dari kunjungan ke luar kota ke salah satu keluarga di Kulonprogo. Kemudian ada yang positif dan dilakukan tracing sampai menghasilkan delapan orang terkonfirmasi positif.

“Dari luar berkunjung kemudian terjadi konfirmasi [positif]. Dari hasil itu kami tracing kontak erat cukup banyak, kita berdoa semoga bukan omicron,” ujarnya.

BACA JUGA: Pengumuman, Harga Rumah Bersubsidi Naik 7 Persen, Ini Daftar Lengkapnya

Pembajun menyatakan dari delapan warga yang terkonfirmasi itu kemudian semuanya dikirim sampelnya untuk pemeriksaan WGS.

“Saat ini kami periksa dengan genom sequencing untuk mengidentifikasi [omicron atau bukan]. Dengan WGS bisa identifikasi, PCR dulu positif kena covid baru dengan WGS, dalam waktu dua pekan semoga bukan [bukan omicron],” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement