Vaksinasi Booster di Kulonprogo Dimulai Hari Ini, Ini Lokasinya

Ilustrasi vaksinasi - Antara/Hafidz Mubarak A
13 Januari 2022 06:07 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster di Kulonprogo mulai disuntikkan Kamis (13/1/2022) hari ini. Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo, masyarakat yang laik untuk menerima booster sekitar 25.000 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati mengatakan masyarakat yang laik menerima booster adalah mereka yang telah menerima dosis kedua Covid-19 dengan jarak enam bulan.  "Kemudian usia lebih dari 18 tahun. Jarak vaksinasi Covid-19 dosis kedua lebih dari enam bulan. Berdasarkan data kami, yang memenuhi jarak waktu yakni dosis kedua pada Juni 2021 sekitar 25.000 orang. Untuk kick off pelaksanaan kami lakukan Kamis [hari ini]," kata Baning saat dikonfirmasi, Rabu (12/1/2022).

Mekanisme pelaksanan vaksinasi booster ini dilakukan secara heterolog sesuai dengan panduan yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan. Artinya, dosis booster yabg diberikan berbeda dengan dosis primer. "Jika dosis primer atau dosis satu dan dua menggunakan Sinovac, maka booster menggunakan vaksin Pfizer atau AstraZeneca. Kalau dosis primernya menggunakan AstraZeneca, maka booster memakai Moderna," kata Baning.

Menurut Baning, stok vaksin booster yang dimiliki oleh Dinkes Kulonprogo saat ini yakni vaksin jenis AstraZeneca. Untuk jumlahnya ada sekitar 4.970 ditambah stok vaksin yang ada di sejumlah puskesmas, sehingga total vaksin yang tersedia mencapai 7.000 dosis. "Pelaksanaan vaksinasi booster di Kulonprogo fokus kepada masyarakat yang menerima dosis primer Sinovac. Pemberian vaksin booster hanya diberikan setengah dosis, sehingga dengan jumlah vaksin yang mencapai 7.000 dosis, bisa memvaksinasi 14.000 orang," kata Baning.

Lebih lanjut, kick off pemberian vaksin booster dilakukan di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yakni di RSUD Wates dan RSUD Nyi Ageng Serang, klinik Kartika, Klinik Bhayangkara, dan di sejumlah puskesmas. "Kami memperkirakan sampai 31 Januari 2022 sasaran vaksin booster mencapai 10.000 orang di 21 puskesmas dan empat fasyankes. Tahap awal kami akan menghubungi sasaran yang sudah fiks seperti petugas pelayanan publik," kata Baning.

Menurutnya, di RSUD Wates setiap hari mampu memvaksinasi 300 orang, RSUD Nyi Ageng Serang 200 orang, dan Klinik Kartika serta Klinik Bhayangkara masing-masing mampu memvaksinasi sekitar 100 sasaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami mengatakan meskipun Pemerintah Pusat sudah menginisiasi pemberian vaksin booster, namun upaya vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama dan kedua tetap menjadi prioritas. "Saat ini capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama telah mencapai 87,7 persen atau setara dengan 331.815 orang, sedangkan untuk dosis kedua mencapai 71,3 persen atau setara 269.769 orang," kata Sri Budi.