14 Kasus Positif Covid-19 Ditemukan di Kulonprogo, Ini Sebarannya

Ilustrasi. - Freepik
13 Januari 2022 16:47 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Kasus positif Covid-19 kembali ditemukan di wilayah Kulonprogo. Total 14 kasus masing-masing terdapat di wilayah Kapanewon Samigaluh sebanyak dua kasus dan Kapanewon Kalibawang sebanyak 12 kasus. Sumber penularan kasus diduga berasal dari warga yang sempat bepergian ke luar Kulonprogo saat libur natal dan tahun baru.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati, mengatakan 14 kasus positif Covid-19 di dua kapanewon berasal dari sumber penularan yang sama. Kasus pertama sendiri diketahui pada 1 Januari 2022 lalu.

"Total sementara ada 14 kasus terdiri dari 2 kasus asal Kapanewon Samigaluh dan 12 dari Kapanewon Kalibawang. Setelah kemarin kita sempat tidak ada kasus baru, mulai awal tahun ini ada lagi," kata Baning saya dikonfirmasi pada Kamis (13/1/2022).

Dikatakan Baning, berdasarkan penelurusan kasus positif Covid-19, satu orang yang dinyatakan positif pada awal Januari 2022 lalu disinyalir sempat bepergian ke luar Kulonprogo saat libur natal dan tahun baru. Satu kasus positif di awal diketahui berdasarkan tes antigen.

BACA JUGA: Cegah Kekerasan Seksual Terulang, Kampus Diminta Segera Bentuk Satgas

"Satu orang ini awalnya positif berdasarkan hasil antigen, kemudian ditindaklanjuti dengan PCR. hasilnya benar bahwa yang bersangkutan terjangkit Covid-19. Kemudian, kami melakukan tracing. Diketahui. Ada 13 kontak erat yang juga positif. Yang bersangkutan kembali untuk kumpul bersamaan dengan keluarganya," kata Baning.

Berdasarkan catatan dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, 14 kasus positif yang berada di sisi utara Kulonprogo tersebut saat ini memang hanya mempunyai gejala ringan dan sedang melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

"Terhadap kasus tersebut, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo masih melakukan upaya tracing guna mengetahui berapa banyak kontak erat kasus. Semoga saja tidak ada penambahan kasus baru lagi dari kasus ini," terang Baning.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Fajar Gegana, mengatakan upaya antisipasi terjadinya penularan Covid-19 tetap menjadi perhatian serius dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggencarkan vaksinasi Covid-19 baik dosis pertama, kedua, dan vaksinasi Covid-19 kepada anak.

"Masyarakat tidak boleh lengah dengan adanya potensi paparan Covid-19. Dengan ditemukannya kasus positif Covid-19 menandakan bahwa virus masih mengancam kita. Terlebih, saat ini terdapat varian Omicron tabg tentunya memerlukan kewaspadaan kita semua," tegas Fajar.