Advertisement

Ini Jadwal Dimulainya Vaksinasi Booster di Kota Jogja

Sirojul Khafid
Sabtu, 15 Januari 2022 - 09:27 WIB
Budi Cahyana
Ini Jadwal Dimulainya Vaksinasi Booster di Kota Jogja Vaksinasi dengan menghadirkan karakter superhero untuk menghibur siswa di SD Masjid Syuhada, Kota Jogja, Senin (10/1/2022). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja akan memulai vaksinasi booster pada Senin (17/1/2022). Stok vaksin pun kini telah cukup untuk jatah booster.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan sasaran awal vaksinasi booster untuk warga lansia dan petugas pelayanan umum. Untuk warga lansia, syaratnya telah mendapat vaksin dosis pertama dan kedua minimal enam bulan sebelumnya.

Saat ini undangan sedang diedarkan oleh kelurahan dengan sasaran lansia sekitar 24.000 orang yang terdata di Peduli Lindungi. Bagi warga lansia yang komorbid dan belum masuk dalam pendataan, bisa menghubungi kelurahan setempat.

Adapun untuk petugas layanan umum, kelompok yang tersasar yang masuk dalam Peduli Lindungi. "Hari Senin ada kick off [warga] lansia di tiga tempat, Balai Kota Jogja, Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Jogja, dan Monumen Diponegoro. Jumlah total 3.600 dosis di hari itu," kata Heroe, Jumat (14/1/2022).

Setelah kick off, vaksinasi booster akan berlanjut di rumah sakit, klinik, dan puskesmas yang tersebar di Jogja. Target sasaran vaksinasi booster antara 1.200 sampai 1.500 dosis untuk warga lansia per hari.

Dari tiga jenis vaksin yang bisa digunakan untuk booster seperti AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna, Pemkot Jogja akan mengawali dengan vaksin AstraZeneca dan Pfizer. Dua jenis ini yang tersedia di Kota Jogja. Dalam penyuntikannya, penerima booster hanya mendapat setengah dosis.

"Stok vaksin tersedia cukup banyak, nanti kami minta untuk back up dari DIY," kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja.

"Harapannya semua datang. Yang jelas, booster sudah dilakukan di banyak tempat dan banyak kelompok orang. Tidak perlu memilih vaksin. Kemarin vaksinasi warga lansia [yang primer] menggunakan Sinovac semua, untuk Sinovac memungkinkan menerima jenis vaksin tiga-tiganya."

Sebelum memulai vaksinasi booster, Pemkot Jogja lebih fokus pada vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Emma Rahmi Aryani, capaian vaksinasi anak di Jogja sebesar 81,5% dari target yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan sebanyak 29.000 anak.

Advertisement

“Kalau dihitung berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, capaian vaksinasi anak di Jogja sudah cukup tinggi, yakni 81,5 persen,” katanya.

 

 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Top 7 News Harianjogja.com 15 Agustus 2022

News
| Senin, 15 Agustus 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Pemandangan Tujuh Gunung dari Ngablak Magelang

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement