Advertisement

Target 100 Lansia per Hari, Cek Jadwal Vaksinasi Booster Lansia di RSUD Sleman

Abdul Hamied Razak
Selasa, 18 Januari 2022 - 00:37 WIB
Bhekti Suryani
Target 100 Lansia per Hari, Cek Jadwal Vaksinasi Booster Lansia di RSUD Sleman Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman mulai membuka layanan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau vaksin booster untuk warga lanjut usia (lansia). Layanan ini diberikan mulai Senin-Rabu setiap pekan.

Direktur Utama RSUD Sleman Novita Krisnaeni mengatakan per 17 Januari rumah sakit tersebut mulai membuka layanan vaksinasi booster bagi kalangan lansia. Layanan tersebut diberikan mulai Senin hingga Rabu pukul 08.00-11.00 WIB. "Kouta vaksinasi dosis ketiga ini setiap hari 100 lansia, dimulai hari ini (kemarin)," katanya di sela kegiatan launching vaksinasi booster bagi lansia, Senin (17/1/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dijelaskan Novita, lansia bisa memilih jenis vaksin sesuai kebijakan dari pemerintah mulai Pfizer, Moderna, dan AztraZeneca. Hanya saja, saat ini jenis vaksin yang diberikan untuk booster menggunakan Pfizer. "Ini karena yang tersedia saat ini jenis Pfizer. Untuk pemberian vaksinasi booster ini gratis," katanya.

BACA JUGA: BMKG: Awas Banjir Air Pasang di Pantai Selatan Jogja pada Tanggal Ini

Dijelaskan dia, lansia yang ingin mendapatkan vaksin booster harus memenuhi sejumlah persyaratan. Selain sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua, jarak intervalnya minimal enam bulan. Calon penerima diminta terlebih dulu melakukan pendaftaran secara online diwebsite yang disediakan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Sleman, Khamidah Yuliati mengatakan pelaksanaan vaksinasi booster secara reguler baik di 25 Puskesmas maupun rumah sakit pemerintah sudah bisa diberikan karena Pemkab Sleman sudah melakukan kick off pada Rabu (12/1) kemarin.

Pemberian vaksinasi booster bagi lansia di masing-masing fasilitas layanan kesehatan (Faskes), lanjut Yuli, disesuaikan dengan kemampuan masing-masing sebab di saat bersamaan mereka masih fokus menyelesaikan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun.

"Kami berharap agar lansia menyiapkan diri untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga dengan istirahat yang cukup dan memenuhi asupan gizi yang baik. Tetap prokes 5M dengan ketat selama kegiatan vaksinasi," kata Yuli.

Advertisement

Sekadar diketahui, Dinkes Sleman sudah melakukan kick off vaksinasi booster pada Rabu (12/1) lalu. Sebanyak 700an lansia mengikuti vaksin booster yang digelar di Kalurahan Sardonoharjo, Ngaglik. "Total ada sekitar 130.000 lansia yang akan menerima booster ini. Setelah kick off dilanjutkan pelayanan reguler di puskesmas maupun di rumah sakit pemerintah, baru kemudia sentra vaksin (vaksinasi massal) untuk yang lansia," ujar Kepala Dinkes Sleman Cahya Purnama.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Prihatin, KUHP Anyar Ancam Kebebasan Sipil di Indonesia

News
| Jum'at, 09 Desember 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement