Advertisement

Covid-19 DIY Naik Dua Kali Lipat, Sultan Keluarkan Instruksi

Sunartono
Jum'at, 28 Januari 2022 - 16:57 WIB
Bhekti Suryani
Covid-19 DIY Naik Dua Kali Lipat, Sultan Keluarkan Instruksi Gubernur DIY, Sri Sultan HB X,s aat ditemui wartawan di Kantor Gubernur DIY, Kamis (21/1/2021). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X meminta kepada kabupaten dan kota di DIY untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan penanganan Covid-19 seiring meningkatnya kasus harian hingga dua kali lipat termasuk antisipasi kemungkinan jika nanti terdeteksi ada Omicron. Mulai dari tempat isolasi terpadu atau isoter hingga keperluan obat-obatan harus dipersiapkan.

“Saya juga sudah minta tingkat dua [kabupaten dan kota] untuk menyiapkan isoter dan sebagainya,” kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Jumat (28/1/2022).

HB X menambahkan untuk penanganan Omicron hampir sama dengan penanganan Covid-19 pada umumnya. Terutama menyiapkan obat-obatan hingga kebutuhan oksigen. Saat ini Pemda DIY telah memiliki rumah untuk produk oksigen yang peralatannya dititipkan salah satu gedung di Balai Pengembangan Teknologi Tepat Guna (BPPTG). Setiap satu unit mampu menghasilkan antara 100 hingga 120 tabung ukuran besar jika beroperasi tanpa henti selama 24 jam.

BACA JUGA: Waspada! Kasus Covid-19 DIY Naik 2 Kali Lipat, Hari Ini Tambah 69 Kasus

“Sama saja persiapan itu sama saja saya minta kabupaten dan kota juga menyiapkan obat-obatan. Itu termasuk [stok oksigen], kalau kita sudah memiliki pabriknya [produsen oksigen] jadi tidak begitu masalah,” kata Sultan.

Pemanfaatan isoter dapat dilakukan dengan mengaktifkan sejumlah gedung atau bangunan yang sebelumnya sudah dipakai sebagai tempat isolasi. “Kalau kita sudah siapkan isoter yang kemarin dipakai, ini kita siapkan lagi. Misal bangunan milik [dinas] PU, itu juga masih bisa dipakai,” ujarnya.

Akan tetapi sebagian besar yang positif saat ini melakukan isolasi mandiri di rumah. “Tetapi selama ini begitu diswab kan tidak tinggal di rumah sakit tetapi di rumah masing-masing karena hanya ringan, mungkin batuk, atau mungkin [suhunya] naik di atas 37 derajat,” ucap Sultan.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

NasDem Deklarasikan Anies jadi Capres, Ini Respon Partai Demokrat

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement