Advertisement

Wisata Jogja Tetap Ramai di Akhir Pekan meski Malioboro Berubah

Sirojul Khafid
Senin, 31 Januari 2022 - 09:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Wisata Jogja Tetap Ramai di Akhir Pekan meski Malioboro Berubah Lapak tempat baru PKL Malioboro di eks Gedung Bioskop Indra. - Istimewa/Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di Kota Jogja masih cenderung ramai akhir pekan Sabtu (29/1/2022) dan Minggu (30/1/2022). Januari bahkan dianggap sebagai bulan padat wisatawan.

Pengelola Taman Sari, Nikolas, menuturkan Januari masih menjadi bulan yang cukup padat bagi kunjungan wisatawan. “Akhir pekan ini, jumlah wisata per harinya mencapai 2.500 orang," katanya, Minggu (30/1/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Jumlah ini meningkat dari akhir pekan sebelumnya dengan jumlah antara 1.200 orang dan 1.600 orang pengunjung di Taman Sari. Sejak pandemi Covid-19, pola ramainya pengunjung susah diprediksi. Sebelum pandemi, dari Desember sampai Februari pengunjung masih ramai kemudian berangsur turun pada Maret.

Hal serupa terjadi di Malioboro. Pengunjung memadati area pedestrian pada Sabtu malam. Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya (UPT PKCB) Jogja, Ekwanto, akhir pekan sebelum-sebelumnya juga cenderung ramai dengan rata-rata 2.500 sampai 3.000 orang pengunjung per harinya.

Perlu diketahui, kawasan wisata dan ekonomi Malioboro kini sudah berubah. Perubahan itu terjadi setelah keputusan pemerintah memindahkan lebih dari 1.800-an pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan Malioboro dan Jalan Mataram ke lokasi baru.

Perubahan ini tentu perlu diketahui oleh para wisatawan maupun warga lokal yang berkunjung ke Malioboro. Mengingat, selama ini Malioboro sangat dikenal dengan deretan PKL yang berjualan di sepanjang jalur pedestrian baik di sebelah barat maupun timur Jalan Malioboro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Motor Ditemukan di Pasar, Gadis Asal Boyolali Akhirnya Pulang ke Rumah

News
| Selasa, 31 Januari 2023, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Cacing-cacing di Terowongan Terbengkalai Ini Memancarkan Cahaya Biru di Malam Hari

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement