Advertisement

Wisata Jogja: Malioboro Sudah Berubah, Begini Panduan Berbelanja bagi Wisatawan

Bhekti Suryani
Sabtu, 29 Januari 2022 - 08:37 WIB
Bhekti Suryani
Wisata Jogja: Malioboro Sudah Berubah, Begini Panduan Berbelanja bagi Wisatawan Lapak tempat baru PKL Malioboro di eks Gedung Bioskop Indra. - Istimewa/Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kawasan wisata dan ekonomi Malioboro kini sudah berubah. Perubahan itu terjadi setelah keputusan pemerintah memindahkan lebih dari 1.800-an pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan Malioboro dan Jalan Mataram ke lokasi baru.Perubahan ini tentu perlu diketahui oleh para wisatawan maupun warga lokal yang berkunjung ke Malioboro.

Mengingat, selama ini Malioboro sangat dikenal dengan deretan PKL yang berjualan di sepanjang jalur pedestrian baik di sebelah barat maupun timur Jalan Malioboro.

Advertisement

Setelah kebijakan relokasi PKL tersebut, wisatawan kini bisa mengakses lapak dagangan para PKL itu di dua tempat berbeda.

Pertama, sentra PKL Malioboro di bekas Gedung Bioskop Indra yang dinamai Teras Malioboro 1. Sentra PKL ini masih berada di Jalan Malioboro.

Di tempat ini, lapak jualan para PKL tersebar di sejumlah bangunan bertingkat. Mulai lapak kuliner, fesyen dan lainnya.

BACA JUGA: Desa Zona Merah Covid-19 di Sleman Meningkat Drastis, Ini Datanya

Selain Teras Malioboro 1, sentra PKL Malioboro lainnya ditempatkan di lahan bekas gedung Dinas Pariwisata DIY yang dinamai Teras Malioboro 2.

Teras Malioboro 2 ini juga masih berada di Jalan Malioboro. Namun tak hanya bisa diakses lewat Jalan Malioboro, sentra PKL ini juga bisa diakses melalui Jalan Mataram.

Itu sebabnya pemerintah membongkar deretan kios sepatu legendaris di Jalan Mataram sebagai akses masuk ke Teras Malioboro 2.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi meminta PKL Malioboro yang akan menempati Teras Malioboro 2 untuk tidak mengkhawatirkan lokasi penempatan karena nantinya tidak ada yang berlokasi di belakang.

“Akses dibuka dari Jalan Malioboro dan Jalan Mataram. Sehingga tidak perlu khawatir dimanapun ditempatkan. Penempatan akan dilakukan dengan undian,” katanya.

Itu tadi panduan bagi wisatawan yang hendak berwisata ke kawasan Malioboro, Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement