Advertisement

Deretan Kecelakaan Bus Rem Blong di Sekitar Bukit Bego Mangunan

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 07 Februari 2022 - 12:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Deretan Kecelakaan Bus Rem Blong di Sekitar Bukit Bego Mangunan Kecelakaan bus di Bukit Bego, Jalan Imogiri Mangunan, Bantul, Minggu (6/2/2022). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kecelakaan maut kembali terjadi di daerah Mangunan, Bantul. Teranyar Minggu (6/2/2022) kemarin, sebuah bus menghantam tebing dan menewaskan 13 penumpang. 

Kawasan Mangunan memang terletak di  dataran tinggi. Tak ayal jika jalanan di daerah itu menanjak dan menurun tajam serta berkelok. Kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar berpenumpang banyak seperti bus pariwisata kerap terjadi, bahkan sampai menghilangkan nyawa. 

Berikut ini Harianjogja.com menyajikan sederet peristiwa kecelakaan yang melibatkan bus di kawasan Mangunan, terutama di titik Bukit Bego:

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

1. Kecelakaan 6 Februari 2022

Bus hijau AD 1507 EH  berpenumpang 40 orang mengalami kecelakaan di Bukit Bego. Bus yang diduga mengalami rem blong, tiba-tiba oleng saat melalui turunan tajam. Akibatnya bus menabrak sisi kanan jalan menghantam tebing Bukit Bego. 

Baca juga: Ini Identitas Korban Meninggal Dunia dalam Kecelakaan Mau di Bukit Bego Bantul

Menurut informasi, beberapa penumpang langsung terpental keluar. 13 orang dinyatakan meninggal dunia dalam peristiwa itu. Para penumpang sedianya akan menuju Pantai Parangtritis setelah berwisata ke Tebing Breksi Prambanan dan Puncak Becici Dlingo Bantul. 

2. Kecelakaan 3 Desember 2017

Bus pariwisata PO Langsung Jaya berpenumpang 53 wisatawan anggota PKK Sawit, Boyolali, Jawa Tengah menabrak tebing di Jalan Imogiri Mangunan. Dua penumpang tewas dan lainnya luka-luka. 

Kronologis peristiwa ini mirip dengan kecelakaan Minggu (6/2/2022) kemarin. Di mana kecelakaan terjadi saat bus dari Hutan Pinus Mangunan turun menuju Imogiri. Di turunan tajam dan berbelok, bus melaju cepat kemudian oleh sopir dibelokkan ke kanan, masuk jalur berlawanan, dan menabrak tebing. 

3. Kecelakaan 30 April 2017

Sebuah bus berpelat nomor AD 1569 BD yang mengalami rem blong menabrak Bukit Bego setelah melalui turunan dan tikungan di dekat kawasan itu. Sopir bus Mercedes-Benz Taruna mengakui jika bus mendadak blong dan akhirnya ia membantingkan setiran ke kanan untuk menghindari jurang.

Advertisement

Bus mengangkut 30 orang dan semuanya dalam keadaan selamat. Penumpang dan kru bus hanya mengalami luka-luka. 

4. Kecelakaan 25 April 2019

Bus pariwisata bernopol K 1637 B menabrak mobil Kijang berpelat Jogja di sekitar Bukit Bego. Bus yang melaju dari Mangunan menuju Imogiri awalnya mengalami rem blong tetapi sopir mencoba mengendalikannya dengan rem tangan atau hand rem. 

Namun dari arah berlawanan muncul Kijang tersebut. Bus yang tetap tak bisa dikendalikan itu sempat menyerempet bagian kanan Kijang. Sopir akhirnya menabrakkan bus ke arah tebing. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Advertisement

Itulah empat kecelakaan yang melibatkan bus pariwisata di sekitar Bukit Bego, Mangunan. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Surat Pemecatan Fredy Sambo Sudah Ditandatangani Presiden Jokowi

News
| Jum'at, 30 September 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement