Advertisement

Wacana Bus Wisata Dilarang ke Mangunan setelah Laka Bukit Bego Bantul, Dispar DIY Keberatan

Sunartono
Selasa, 08 Februari 2022 - 16:57 WIB
Bhekti Suryani
Wacana Bus Wisata Dilarang ke Mangunan setelah Laka Bukit Bego Bantul, Dispar DIY Keberatan Wisatawan menikmati keindahan Songgo Langit, Mangunan, Bantul, Kamis (6/6/2019).- Harian Jogja - Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Pariwisata DIY berharap wacana larangan bus ke Mangunan melalui pertimbangan hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Larangan tersebut nantinya akan berdampak besar terhadap kunjungan wisata di kawasan Mangunan. Di sisi lain belum tersedia angkutan khusus atau shuttle yang dapat mengantar.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menilai harus bijak dalam memutuskan terkait larangan bus ke Mangunan. Ia lebih sepakat jika keputusan itu ke depan harus menunggu hasil investigasi dari berbagai pihak termasuk KNKT. Sehingga kebijakan larangan itu harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian.

Advertisement

BACA JUGA: Toko di Malioboro Sewakan Teras Rp2 Juta Per Meter, Begini Pembelaan Paguyuban Pengusaha

“Kalau dari pandangan kami kita harus bijak memutuskan, kita tunggu hasil dari investigasi dari petugas yang menginventigasi ada KNKT juga. Karena mereka akan melihat dari berbagai sudut dari segala sisi. Jadi ini yang perlu kehati-hatian,” katanya di Kepatihan, Selasa (8/2/2022).

Singgih memperkirakan jika larangan bus naik ke Mangunan itu diberlakukan, maka akan berdampak terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan tersebut. Karena wisatawan harus berganti dengan moda transportasi. Di sisi lain, hingga saat ini belum ada wacana terkait kemungkinana danya shuttle pada titik tertentu untuk mengangkut wisatawan naik ke Mangunan.

“[Kalau dilarang] tentu ada dampaknya, tadinya bus bisa naik kemudian harus diganti moda transportasi lebih kecil. Kalau shuttle kami belum memikirkan sampai ke sana. Jadi nanti tentu dari hasil investigasi dan dikumpulkan untuk meminta berbagai masukan nanti baru ditentukan,” ucapnya.

Wacana larangan bus wisata naik ke kawasan wisata Mangunan, Dlingo menguat pasca-tewasnya 13 orang dalam kecelakaan bus wisata di kawasan Bukit Bego, Imogiri, Bantul pada Minggu (6/2/2022) lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement