Advertisement

Penataan Malioboro Berlanjut 3 Bulan ke Depan, Ini yang Dibenahi

Yosef Leon
Jum'at, 11 Februari 2022 - 17:57 WIB
Bhekti Suryani
Penataan Malioboro Berlanjut 3 Bulan ke Depan, Ini yang Dibenahi Jalur pedestrian Malioboro, Jogja, Rabu (9/2/2022). - Harian Jogja/Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja menyebut bakal melakukan penataan lanjutan di kawasan Malioboro setelah pedagang kaki lima (PKL) rampung direlokasi ke tempat baru yakni Teras Malioboro I dan teras Malioboro II. Penataan secara bertahap termasuk kegiatan pengisi di area itu akan dilakukan sepanjang tiga bulan ke depan.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan, penataan di seputaran kawasan Malioboro masih berlanjut untuk membuat suasana di kawasan itu kian menarik bagi para pengunjung. Oleh karenanya, sejumlah penataan akan dilakukan secara bertahap dengan Pemkot Jogja sebagai pelaksana teknis di lapangan.

"Kami telah koordinasi dengan Pemkot dan dalam waktu tiga bulan ke depan akan dilakukan penataan sejumlah hal meliputi perbaikan area pertokoan dan juga penyelenggaraan berbagai atraksi seni dan budaya agar Malioboro tetap menarik bagi para pengunjung dan semakin nyaman," kata Sultan, seusai meninjau kawasan Malioboro, Jumat (11/2/2022).

BACA JUGA: Polisi Sebut Pengepungan Warga Wadas Hoaks, Netizen: Pembuat Hoaks Terbesar Adalah Penguasa

Nantinya, pengerjaan penataan akan difokuskan pada perbaikan sejumlah prasarana meliputi pembersihan kabel yang semrawut, perbaikan lampu di sepanjang Malioboro, pembersihan saluran limbah serta mengecat kawasan pertokoan agar lebih tertata dan seragam.

"Kami juga sudah koordinasi dengan toko di mana fasad Malioboro akan tetap jadi bagian dari heritage dan mereka sepakat untuk sama-sama memperbaiki. Nantinya area lorong tetap jadi tempat bagi publik untuk jalan, namun toko tidak boleh memperluas area jualan sampai area lorong," ujarnya.

Di sisi lain, Pemkot Jogja melalui UPT Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya setempat juga akan menghadirkan berbagai atraksi wisata di kawasan Malioboro di setiap pekan. Sultan berharap agar selama tiga bulan ke depan, penyelenggaraan atraksi wisata di sepanjang Malioboro bisa dilakukan berbarengan dengan penataan fisik di lokasi itu

"Bisa digelar agenda seni misalnya di Teras I dan II atau di sepanjang Malioboro dua kali dalam satu pekan. Misalnya menyangkut pameran seni atau street art dan semacamnya dengan harapan pengunjung bisa lebih nyaman," kata Sultan.

Walikota Jogja, Haryadi Suyuti menyebut, pihaknya akan segera melakukan penataan di kawasan Malioboro setelah PKL direlokasi. Pemkot Jogja nantinya akan bertanggung jawab atas kebersihan dan juga kenyamanan pengunjung di lokasi itu. "Termasuk juga keindahan di lokasi Malioboro dan ketertibannya," kata Haryadi.

Haryadi menambahkan, penamaan Malioboro pun sebisa mungkin disesuaikan dengan yang baru yakni kawasan cagar budaya Malioboro. Hal ini diharapkan bisa mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga dan menghargai serta melindungi kawasan itu.

Advertisement

"Pemkot juga akan berusaha untuk menjadikan Malioboro ini tetap ramai dengan berbagai atraksi budaya dan seni sehingga para pengunjung yang datang ke sini bisa merasakan kenyamanan dan juga betah berada di Malioboro," ucap Haryadi.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKS Senang NasDem Deklarasikan Anies Capres 2024

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement