Advertisement

Hari Ini, PMI DIY Gelar Musyawarah Kerja di Kulonprogo

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 12 Februari 2022 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hari Ini, PMI DIY Gelar Musyawarah Kerja di Kulonprogo Ilustrasi Palang Merah Indonesia - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) menggelar Musyawarah Kerja Provinsi (Mukerprov) PMI DIY Tahun 2021/2022 hari ini, Sabtu(12/2/2022) di Gedung Kaca, Kompleks Pemda Kulonprogo.

Ketua PMI DIY, GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi menuturkan mengawali masa bakti Kepengurusan PMI DIY tahun 2021-2026 tahun ini, penyelenggaraan Mukerprov di Kulon Progo, dan selanjutnya nanti bergantian di seluruh wilayah DIY. "Hal ini untuk lebih mendekatkan kepada masyarakat dan pemerintah daerah sesuai amanah Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan," kata dia dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (11/2/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Gusti Prabu, sapaan akrab Ketua PMI DIY menjelaskan bahwa mukerprov adalah kewajiban organisasi untuk mengevaluasi kinerja tahun 2021 dan perencanaan program kerja tahun tahun 2022, serta membahas hal-hal strategis lainnya, sebagaimana hasil keputusan Musyawarah Provinsi PMI DIY 2 Oktober 2021 yang lalu.

“Pelayanan PMI DIY tahun 2021 masih didominasi penanganan Covid-19. PMI sebagai mitra pemerintah telah mengupayakan berbagai tindakan, mulai dari menggerakan kapasitas lokal, mengerahkan relawan, menghimpun dukungan dari masyarakat, swasta, korporasi, serta telah mengerahkan semua potensi yang dimiliki PMI,” jelas Gusti Prabu.

Berbagai kegiatan untuk mendukung penanganan Covid-19 tahun 2021 di antaranya adalah vaksin dosis 1 dan 2 sejumlah 18.209 dosis, vaksin booster sejumlah 324 dosis, pemulasaraan dan pemakaman baik kasus Covid dan non Covid sejumlah masing-masing 60 pemulasaraan dan 303 pemakaman. Sementara penyemprotan disinfektan di 416 titik menjangkau 68.143 jiwa penerima manfaat, jangkauan gunner spray sejumlah 208.653 jiwa, promosi kesehatan di 137 titik menjangkau 25.644 jiwa penerima manfaat. Sedangkan penerima ambulans emergency sejumlah 311, ambulans non emergency sejumlah 149. Distribusi air bersih menjangkau 27.947 jiwa penerima manfaat.

“Tahun 2021, di tengah Pandemi dukungan masyarakat kepada PMI justru meningkat dengan perolehan bulan dana di beberapa kabupaten dan kota. Tentu ini menjadi tantangan PMI untuk terus meningkatkan kinerjanya sesuai mandat organisasi sosial kemanusiaan yang menekankan pada prinsip-prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yakni kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan. Kepercayaan masyarakat yang sangat tinggi kepada PMI, harus dijawab dengan kerja keras dilandasi kejujuran dan semangat pengabdian,” lanjut Gusti Prabu.

Pandemi Covid-19 sampai dengan awal tahun 2022, saat ini belum usai, dalam beberapa hari terakhir kembali bertambah jumlah kasusnya, PMI telah menyiagakan relawan untuk kesiapsiagaan penanganan Covid-19.

Gusti Prabu menjelaskan, pada 2021 PMI telah banyak melatih masyarakat untuk mandiri dalam penanganan Covid-19, promosi kesehatan, pemulasaraan, disinfeksi. Saya berharap masyarakat sudah lebih siap menghadapi peningkatan kasus Covid-19 dan tentu saja tetap mematuhi protokol kesehatan dan anjuran pemerintah. Selain itu, PMI Juga berperan serta dalam penanganan bencana awan panas guguran Gunung Semeru di Jawa Timur. PMI selalu Bergerak bersama untuk sesama.

Advertisement

Tahun 2022, PMI masih akan fokus pada dukungan pada pemerintah mengentaskan penanganan Covid-19, kesiapsiagaan bencana, peningkatan kapasitas organisasi dan retensi relawan. Relawan adalah garda terdepan pelayanan organisasi PMI maka tahun 2022 tetap menjadi prioritas untuk meningkatkan kapasitas dan memberikan jaminan keselamatan. Tercatat dari 302 orang relawan yang aktif dimobilisasi pelayanan kepalangmerahan dan penanganan Covid-19, 242 di antaranya telah mendapatkan asuransi. PMI DIY juga telah memiliki siaga bencana berbasis masyarakat yang aktif atau Sibat berjumlah 347 orang.

“Masyarakat kini semakin kritis terhadap insentif pembangunan, termasuk di bidang sosial kemanusiaan. PMI yang mengandalkan dukungan dan kepercayaan masyarakat perlu semakin mengedepankan prinsip-prinsip akuntabilitas, baik dalam pengelolaan program maupun pengerahan sumber daya organisasi. Alhamdulillah PMI DIY setiap tahun selalu diaudit oleh Kantor Akuntan Publik dan tahun ini hasilnya Wajar Tanpa Pengecualian [WTP],” kata Gusti Prabu.

Persediaan Aman

Advertisement

Sementara itu, dr. Suryanto, Sp.PK (K), Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI DIY mengungkapkan bahwa PMI tetap berkomitmen untuk menyediakan darah yang aman, mudah dijangkau, dan berkualitas. “Tahun 2021, seluruh Unit Donor Darah PMI Kabupaten/Kota di DIY berjumlah 5 (lima) UDD telah memiliki izin operasional. Selain itu. Semua UDD juga telah terdaftar sebagai Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Kementrian Kesehatan. Tahun 2022 kita menyiapkan seluruh UDD untuk akreditasi. Sedang dua UDD kita siapkan juga untuk memperoleh sertifikat Cara Pembuatan Obat Yang Baik (CPOB) yakni UDD PMI Kota Yogyakarta dan UDD PMI Kabupaten Sleman,” pungkas dr Suryanto.

Untuk membangun semangat persaudaraan serta kepedulian terhadap kemanusiaan, PMI membutuhkan jejaring yang luas, diantaranya dengan mengajak insan pers baik media cetak maupun elektronik untuk berperan serta mendiseminasikan dan mewartakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang dilakukan PMI. Mari bersama menebar senyum, tiada henti berkarya untuk kemanusiaan.

Atas dukungan dan kerja sama Rekan-rekan yang telah terjalin sangat baik selama ini, kami sampaikan terima kasih.*

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Digadang-gadang Jadi Cawapres Ganjar, Begini Reaksi Erick Thohir

News
| Senin, 05 Desember 2022, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement