Advertisement

Efek Samping Vaksin Pfizer yang Kerap Dirasakan

Novita Sari Simamora
Sabtu, 19 Februari 2022 - 01:27 WIB
Budi Cahyana
Efek Samping Vaksin Pfizer yang Kerap Dirasakan Efek samping vaksin Covid Pfizer-BioNTech - BBC

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Efek samping vaksin Covid Pfizer sering dirasakan oleh sebagian orang, setelah beberapa jam menerima suntikan vaksin tersebut.

Kini pemerintah sedang gencar untuk melaksanakan program vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2 untuk mencegah penyebaran virus corona. Vaksin Covid booster juga tengah digalakkan di semua desa dan kota.

Ada beberapa vaksin yang disetujui untuk menjadi vaksin booster yakni Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca. Simak efek samping vaksin Covid Pfizer yang sering dirasakan oleh masyarakat:

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

1. Sakit di tempat suntikan

2. Kelelahan

3. Sakit kepala

4. Nyeri otot atau sendi

5. Meriang

Sementara itu, survei di Israel menunjukkan bahwa mayoritas orang yang menerima dosis ketiga vaksin Covid Pfizer merasakan efek samping yang serupa atau lebih sedikit daripada yang mereka rasakan setelah menerima suntikan kedua.

Advertisement

Efek samping vaksin Covid adalah ringan sampai sedang, berlangsung kira-kira dua hari setelah menerima suntikan booster. Bagi orang yang ingin menerima booster, maka syaratnya adalah 6 bulan setelah mereka menerima suntikan dosis kedua. 

Samir Sinha, Direktur Geriatri di Rumah Sakit Sinai Health and University Health Network di Toronto menuturkan bahwa efek samping yang terjadi pada vaksin Covid dan suntikan booster tidak berbeda dengan vaksin sebelumnya. 

Dia mengatakan bahwa sistem kekebalan tubuh sedang benar-benar bekerja dan merespons sebagaimana mestinya terhadap vaksin yang disuntikkan ke tubuh. Selain itu, keamanan booster juga sama dengan vaksin dosis sebelumnya. 

Advertisement

Namun, sebagian orang juga mungkin mengalami reaksi yang lebih intens terhadap suntikan dengan rasa sakit kepala, tubuh menggigil dan kelelahan, yang lain hanya merasakan nyeri di lengan yang disuntik.

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Demi Prabowo, Gerindra Siap Lawan Anies Baswedan di Pilpres 2024

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement