Advertisement

Semua Kelurahan di Jogja Zona Kuning dan Oranye Covid-19

Sirojul Khafid
Sabtu, 19 Februari 2022 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Semua Kelurahan di Jogja Zona Kuning dan Oranye Covid-19 Ilustrasi isolasi mandiri - Antara/Oky Lukmansyah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Semua kelurahan di Kota Jogja berstatus zona kuning dan oranye Covid-19.

Sebanyak 17 kelurahan masuk zona oranye, sedangkan 28 sisanya berstatus kuning. Tidak ada kelurahan yang masuk zona hijau ataupun merah. 

Advertisement

Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, peningkatan kasus Covid-19 gelombang ketiga ini akan mencapai puncaknya pada akhir Februari 2022. Memasuki Maret, ada prediksi penurunan kasus. 

“Beberapa daerah dan kota-kota lain sudah mulai menunjukkan tren penurunan. Kami harap Kota Jogja sudah mulai menunjukkan tren penurunan awal Maret,” kata Heroe, Sabtu (19/2/2022).

Kasus Covid-19 mulai banyak menyebar di masyarakat. Sebelumnya, kasus tersebar di kalangan para pelaku perjalanan. Namun proses tracing dan skrining kontak erat di masyarakat juga kini kurang begitu maksimal dijalankan. Salah satu penyebabnya lantaran banyak tenaga kesehatan puskesmas yang juga terpapar Covid-19. 

“Dampaknya tentu saja saat pelacakan kontak erat menjadi sedikit terhambat. Begitu juga untuk vaksinasi. Tetapi kami berupaya semaksimal mungkin agar pelacakan dan vaksinasi tetap berjalan baik,” kata Heroe yang juga Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja.

Peningkatan kasus ini juga menyebabkan beberapa kantor pemerintah mesti tutup. Setelah Kantor Kemantren Gondokusuman tutup karena ada delapan kasus positif pegawainya, kini Kantor Kelurahan Gedongkiwo Kemantren Mantrijeron juga ditutup sementara.

Mantri Pamong Praja Mantrijeron, Affrio Sunarno, mengatakan penutupan dilakukan lima hari atau 17-22 Februari 2022. Sebelumnya ditemukan dua pegawainya terkonfirmasi positif Covid-19.

"Pelayanan ditunda dulu,” kata Affrio. "Kasus di Mantrijeron masih cukup terkendali. Hingga saat ini seluruh kelurahan di Kemantren Mantrijeron masuk zona kuning."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement