Advertisement

UMY Beri Bekal Bagi Puluhan Tendik yang Purna Tugas

Media Digital
Minggu, 27 Februari 2022 - 11:57 WIB
Budi Cahyana
UMY Beri Bekal Bagi Puluhan Tendik yang Purna Tugas Lembaga Pengembangan Karir dan Sumber Daya Manusia (LPKSDM) UMY bekerja sama dengan Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan bertema "Pembekalan Masa Persiapan Pensiun bagi Tenaga Kependidikan Purna Tugas Tahun 2022". - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Memasuki masa pensiun (purna tugas) merupakan hal yang akan dialami setiap individu, terutama yang berkarier di dunia kerja termasuk di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Kesiapan seseorang ketika memasuki masa pensiun perlu dipersiapkan dengan baik. Sebab, jika hal itu tidak dipersiapkan akan berpengaruh terhadap mental, juga finansial. 

Advertisement

Lembaga Pengembangan Karir dan Sumber Daya Manusia (LPKSDM) UMY bekerja sama dengan Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan bertema “Pembekalan Masa Persiapan Pensiun bagi Tenaga Kependidikan Purna Tugas Tahun 2022”.

Acara dilaksankan pada Kamis-Jumat tanggal 24-25 Februari di Hotel Nava, Karanganyar. Kegiatan dihadiri Ketua Badan Pembina Harian (BPH), Dr Agung Danarto MAg beserta jajarannya dan Wakil Rektor Bidang SDM Prof Dr Nano Prawoto MSi serta pejabat di LPKSDM. Acara diikuti 32 peserta.

Menurut Agung Danarto kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk mempersiapkan para tenaga kependidikan (tendik) UMY dalam mempersiapkan masa pensiun. Harapannya, mereka lebih sehat dan bahagia dan tetap dapat berkontribusi dan beribadah di Persyarikatan Muhammadiyah.

“Bagi kami ini sangat penting. Tendik yang sudah pensiun dan memasuki masa pensiun kami beri bekal baik dari sisi psikologis, spiritual dan yang lainnya. Mereka juga mendapat bekal kewirausahan. Semoga ini bermanfaat bagi mereka,” ujar Agung.

Dalam kesempatan tersebut Nano Prawoto menyampaikan ucapan terima kasih  dan penghargaan kepada  para tendik karena pengabdian dan kerja kerasnya bisa mendorong UMY menjadi perguruan tinggi yang maju dan berkembang. Para tendik yang sudah purna tugas dan memasuki purna tugas juga mendapat bantuan modal agar bisa digunakan untuk berwira usaha.

“Ini komitmen dan apresiasi kami kepada mereka yang telah mengabdi dan berkontribusi kepada UMY,” ujar Nano.

Kegiatan pembekalan juga diisi materi terkait menjaga kesehatan mental untuk menghadapi masa pensiun.

Menurut ketua panitia yang sekaliagus Kepala Lembaga Pengembangan Karir dan SDM Dr Adhianty Nurjanah MSi kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Acara ini jbertujuan Mempersiapkan secara psikologis tenaga kependidikan dalam menghadapi masa purna tugas, memberikan pembekalan terkait persiapan wirausaha dengan mengadakan studi banding ke UMkM Kripik Sayur Dhea di Tawangmangu,” ujar Adhianty.

Salah satu tendik yang sudah paripurna Bambang Rahmanto mengatakan acara ini sangat bermanfaat karena selain diberi bekal ilmu pengetahuan wawasan wirausaha juga diberikan materi kesehatan mental agar tetap sehat bahagia meskipun sudah purna dan tidak mengalami post power sindrome.

“Kami juga  bisa refreshing bersama keluarga ke Tawangmangu. Terima kasih UMY, acara ini sangat luar biasa dan bermanfaat sekali bagi kami. Apalagi kami dapat bantuan modal juga. Semoga UMY semakin maju dan sukses,” imbuhnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement