Advertisement

Sultan HB X Bawa Tanah & Air dari Kraton Jogja ke IKN

Sunartono
Senin, 14 Maret 2022 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sultan HB X Bawa Tanah & Air dari Kraton Jogja ke IKN Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat menerima kunjungan Presiden Jokowi di Bandara Adisutjipto. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X membawa tanah dan air dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ke lokasi Ibu Kota Negara (IKN). Sultan turut mendampingi Presiden Jokowi bertolak dari Bandara Adisutjipto menuju Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Minggu (13/3/2022).

Selanjutnya Sultan HB X mendampingi Jokowi menuju ke lokasi IKN tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara pada hari ini Senin (14/3/2022). Sultan HB X selaku Gubernur DIY membawa tanah dan air yang berasal dari DIY untuk disatukan dengan tanah dan air dari seluruh daerah di penjuru Indonesia

Advertisement

Tanah dan air ini selanjutnya diletakkan di IKN sebagai penanda bahwa nantinya akan menjadi ibu kota negara. Upacara simbolis penggabungan tanah dan air ini akan dilakukan di titik 0 kilometer IKN.

Baca juga: Mengenal Ritual Kendi Nusantara yang Dilakukan Presiden Jokowi di IKN

"Untuk yang dari Jogja, tanah dari air diambil dari Kraton," kata Kabag Humas Biro UHP Setda DIY Ditya Nanaryo Aji, Senin (14/3/2022).

Sebagaimana diketahui, rombongan Presiden melakukan serangkaian agenda kerja di lokasi IKN Setibanya di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan. Presiden akan langsung menuju hotel tempatnya bermalam untuk kemudian melanjutkan agenda pada Senin (14/3/2022) hari ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Donald Trump Dievakuasi dari Panggung Kampanye

News
| Minggu, 14 Juli 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Bogor Punya Banyak Wisata Alam yang Layak Dikunjungi, Ini Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 13 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement