Advertisement

PPKM Level 4, Wisatawan ke Bantul Tetap Ramai

Ujang Hasanudin
Selasa, 15 Maret 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
PPKM Level 4, Wisatawan ke Bantul Tetap Ramai Suasana Pantai Parangtritis di akhir pekan pada Minggu (21/11/2021) - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas pariwisata tidak memersoalkan adanya perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sampai 21 Maret mendatang. Sebab faktanya dalam PPKM Level 4 pekan lalu wisatawan yang berkunjung ke Bantul tetap banyak.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan sektor pariwisata di Bantul dalam PPKM Level 4 ini pemberlakuannya tidak berubah dengan PPKM Level 4 pekan lalu. Ia menyebut PPKM Level 4 tidak memengaruhi jumlah pengunjung di Bantul.

“Kunjungan tetap banyak karena pariwisata ada kelonggaran,” kata Kwintarto, saat dihubungi Selasa (15/3/2022).

Kwintarto juga menyebut tidak hanya di Bantul namun kelonggaran pariwisata terjadi di beberapa daerah yang menerapkan PPKM Level 4, bahkan di luar negeri juga ada kelonggaran untuk pariwisata.

Sehingga ia tidak memersoalkan adanya perpanjangan PPKM Level 4. Namun demikian ia tetap meminta pelaku wisata untuk menaati protokol kesehatan di antaranya dengan membatasi pengunjung maksimal 25% dari total kapasitas, selalu memakai masker, dan menjaga jarak, “PPKM Level 4 tidak masalah, wisata tetap longgar, yang penting prokes,” ucap Kwintarto.

Baca juga: Sleman PPKM Level 4, Kunjungan Wisata Diharapkan Tetap Tinggi

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dispar Bantul Markus Purnomo Adi mengatakan kunjungan wisata saat akhir pekan lalu selama PPKM Level 4 cenderung naik. Sedangkan selama hitungan satu pekan jumlah kunjungan wisata di Bantul turun sekitar 29%.

Berdasarkan data kunjungan wisata saat akhir pekan tepatnya dari 11-13 Maret lalu tercatat ada 32.959 orang yang datang ke Bantul dengan pendapatan Rp320.006.250. Dari jumlah kunjungan tersebut, 87% atau 28.813 orang memilih mengunjungi kawasan Parangtritis. Sisanya berkunjung ke wilayah Pantai Samas sampai ke barat “Jumlah ini naik 6,3 persen dibanding weekend seminggu yang lalu [4-6 Maret],” katanya.

Jumlah pengunjung tersebut baru dari obek wisata pantai yang dikelola oleh Pemkab Bantul. Belum termasuk wisata yang dikelola oleh masyarakat. Sementara data kunjungan pada 4-6 Maret sebanyak 30.980 dengan pendapatan Rp300.903.000. Adapun kunjungan selama sepekan, atau mulai tanggal 7-13 Maret Dinas Pariwisata mencatat ada 44.161 orang dengan pendapatan Rp428.765.750.

Markus menyebut, dari 44.161 orang tersebut sebagian besar atau 87% atau sekitar 38.507 merupakan pengunjung kawasan Pantai Parangtritis. Dari perbandingan data selama sepekan yang dilakukan, jumlah kunjungan wisata pekan kemarin mengalami penurunan dibanding pekan sebelumnya.

Advertisement

Markus menilai penurunan tersebut karena pekan sebelumnya ada dua hari libur sedangkan pekan kemarin sama sekali tidak ada. “Jumlah ini turun 29,5 persen dibanding periode seminggu yang lalu. Penurunan ini dikarenakan pekan lalu ada libur dua hari,” ucapnya. Hari libur yang dimaksud adalah libur Isra Mikraj dan libur Hari Raya Nyepi.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement