Advertisement

Meninggal di Sardjito, Pendiri Masjid Suciati Punya Sakit Maag

Lugas Subarkah
Selasa, 15 Maret 2022 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Meninggal di Sardjito, Pendiri Masjid Suciati Punya Sakit Maag Sejumlah pelayat memadati Masjid Suciati Saliman, Selasa (15/3/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Pendiri masjid Suciati Saliman dan Founder Saliman Riyanto Group, Suciati, berpulang pada Selasa (15/3/2022) pagi. Sempat dirawat di RSUP Dr. Sardjito, almarhum diketahui memiliki riwayat penyakit maag yang sudah cukup lama.

Putri pertama Suciati, Atik Saliman Raharjo, menjelaskan Suciati mengembuskan nafas terakhir pada pukul 03.55 WIB. Mendiang sempat dirawat di RSUP Dr. Sardjito sekitar satu bulan. "Sakit perut, maag. Sudah lumayan lama, satu bulanan," katanya, Selasa (15/3/2022).

Advertisement

Mendiang wafat di usia 69 tahun, meninggalkan dua putri dan empat cucu. Adapun suaminya, Saliman, telah meninggal terlebih dahulu pada 2013 silam. Semasa hidupnya, Suciati dipandang sebagai orang yang selalu ingin memberi manfaat bagi orang di sekitarnya.

"Filosofinya urip itu urup. Jadi bagaimana dia membuat usaha agar supaya hidupnya bermanfaat bagi orang banyak, menciptakan lapangan kerja. Terus juga membangun masjid juga untuk semua masyarakat yang ada di sini beribadah bersama," ungkapnya.

Baca juga: LONG-FORM: Menjadi Entrepreneur Dunia-Akhirat ala Suciati Saliman

Masjid Suciati Saliman dibangun pada 2015 dan diresmikan pada 2018, dengan mengambil nama yang merupakan gabungan nama suami-istri ini. "Jadi masjidnya Suciati Saliman memang dulu cita-cita beliau berdua," katanya.

Tak berhenti dengan membangun masjid, Suciati saat ini juga tengah membangun pondok pesantren putri. Di pondok pesantren itu nantinya selain belajar agama, santri juga akan dibekali dengan ilmu kewirausahaan, sehingga diharapkan dapat menciptakan enterpreneur muslim.

Jenazah Suciati disemayamkan di Masjid Suciati Saliman. Setelah itu, pemakanam akan dilakukan di pemakaman keluarga, di Jalan Kaliurang Km 5 Tawangsari, pada pukul 14.00 WIB di hari yang sama. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

DIY Sukses Tekan Angka Stunting

DIY Sukses Tekan Angka Stunting

Jogjapolitan | 47 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Daftar Negara yang Melegalkan Ganja Medis

News
| Rabu, 29 Juni 2022, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Nawang Jagad, Camping Ground yang Tawarkan Pemandangan Merapi, Turgo dan Plawangan

Wisata
| Rabu, 29 Juni 2022, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement