Advertisement

Sultan HB X Isi SPT Tahunan secara Online  

Media Digital
Kamis, 17 Maret 2022 - 17:47 WIB
Bhekti Suryani
Sultan HB X Isi SPT Tahunan secara Online    Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X saat mengisi SPT Tahunan sebagai wajib pajak perorangan di Kompleks Kepatihan, Kamis (17/3/2022). - Ist/Humas Pemda DIY.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan melalui e-filing di Kompleks Kepatihan Kantor Gubernur, Kamis (17/3/2022). Masyarakat DIY diimbau untuk segera melakukan pengisian SPT tahunan sebelum jatuh tempo pada 31 Maret 2022. 

Sultan tampak mengisi SPT menggunakan ponsel yang sudah disediakan oleh petugas di Gedong Wilis. Proses pengisian pun berlangsung hanya sekitar 10 menit. Dalam pengisian itu Sultan didampingi Kepala Kanwil DJP DIY Yoyok Satiotomo serta sejumlah pejabat lainnya. 

Advertisement

Kepala Kanwil DJP DIY Yoyok Satiotomo menjelaskan Gubernur DIY Sri Sultan HB X telah melaporkan SPT Tahunan secara online sebagai pribadi. Proses pengisian secara online tergolong cepat dan ringkas. Batas waktu pelaporan SPT tahunan bagi wajib pajak orang pribadi yaitu 31 Maret sedangkan untuk wajib pajak badan pada 30 Maret. Ia berharap masyarakat dapat segera melaporkan SPT tahunan sebelum jatuh tempo.

"Hari ini kami menerima SPT tahunan Ngarso Dalem, harapannya masyarakat bisa mengikuti apa yang dilakukan Ngarso Dalem yang sudah mengisi SPT. Karena batas waktunya tanggal 31 Maret 2022," katanya saat diwawancara di Kompleks Kepatihan, Kamis (17/3/2022).

BACA JUGA: Daftar Miliarder Dunia Berdasarkan Lintas Generasi dan Karakteristiknya 

Ia mengimbau kepada warga DIY untuk segera melakukan pengisian SPT tahunan seperti yang telah dilakukan Sri Sultan HB X, atau sebelum batas waktunya. Sehingga bisa mencatatkan kepatuhan lebih dari 100% seperti tahun sebelumnya.

"Kami imbau masyarakat DIY segera melaporkan SPT Tahunan di KPP terdekat. Bisa mengisi secara online dengan proses yang cepat," ucapnya. 

Pengisian online sangat mudah, antara lima sampai 10 menit sudah selesai

Berdasarkan data kepatuhan dari sistem Ditjen Pajak hingga Kamis (17/3/2022) pagi, jumlah wajib pajak yang sudah menyampaikan pelaporan SPT Tahunan di wilayah Kanwil DJP DIY sebanyak 155.091 wajib pajak. Jumlah SPT Tahunan yang sudah dilaporkan wajib pajak terdiri atas wajib pajak  adan 5.681 SPT, wajib pajak orang pribadi non karyawan 11.246 SPT dan wajib pajak orang pribadi karyawan 138.164 SPT.  

"Sekarang ini sudah sekitar 40 persen, kira-kira akhir Juni 2022 nanti sudah harus 100 persen," katanya. (Sunartono)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petani Jateng Terima 10 Ribu Alsintan, Pj Gubernur Jateng Optimis Produksi Pangan Meningkat

News
| Selasa, 23 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement