Advertisement

Cahaya Baru di Gunung Andong

Media Digital
Selasa, 22 Maret 2022 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cahaya Baru di Gunung Andong sekelompok siswa pecinta alam yang berasal dari salah satu sekolah di Jogja didampingi Mapala Fakultas Peternakan UGM (Caravan) yang bekerja sama dengan PT Adyawinsa Electrical and Power telah melakukan distribusi panel surya gratisdi Gunung Andong via jalur Sawit pada 19-20 Maret 2022. Pemasangan panel surya ini merupakan serangkaian kegiatan pengabdian dan pendidikan siswa pecinta alam SMA. - Ist

Advertisement

Gunung Andong dengan sejuta pesonanya terletak di Kecamatan Ngablak, Magelang, Jawa Tengah. Gunung dengan ketinggian 1731 mdpl ini menjadi favorit bagi para pendaki yang tidak memiliki banyak waktu berlibur. Untuk mencapai puncaknya diperlukan waktu sekitar 1,5-2 jam. Tidak hanya keindahan Gunung Andong saja, makam keramat pun menjadi daya tarik para wisatawan untuk sekedar beziarah.

Berada di sisi sebelah barat puncak Gunung Andong, makam keramat salah satu tokoh penyebar agama islam Ki Joko Pekik berada. Makam tersebut acap kali didatangi warga sekitar untuk sekedar mengirim doa dan memohon keselamatan dari para leluhur terdahulu.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Untuk sekedar berziarah atau melakukan ritual rutin di malam hari, warga sekitar bergotong royong membopong aki atau lilin untuk menerangi makam keramat tersebut.

Dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (22/3/2022), sekelompok siswa pecinta alam yang berasal dari salah satu sekolah di Jogja didampingi Mapala Fakultas Peternakan UGM (Caravan) yang bekerja sama dengan PT Adyawinsa Electrical and Power telah melakukan distribusi panel surya gratisdi Gunung Andong via jalur Sawit pada 19-20 Maret 2022. Pemasangan panel surya ini  merupakan serangkaian kegiatan pengabdian dan pendidikan siswa pecinta alam SMA.

Tidak hanya di makam keramat saja, pemasangan panel surya juga dilakukan di beberapa tempat seperti pos 2 jalur baru, warung Pak Darno, warung Bu Imun, dan warung Bu peni. Pemilik warungserta masyarakat yang diwakilkan oleh Mbah Tuman (Juru kunci makam) merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan panel surya. Adanya panel surya dapat mengurangi pengeluaran operasional warung, meringankan beban logistik saat mendaki ke warung, serta memudahkan peziarah untuk melakukan ritual di malam hari.

Kini, warga sekitar dan para pendaki tidak perlu khawatir mengenai penerangan pada makam maupun jalur pendakian Gunung Andong. *

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Oyo Hotels akan PHK 600 Karyawannya

News
| Senin, 05 Desember 2022, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement