Advertisement

Berdayakan PCA Ngampilan, Dosen UMY Gelar Literasi Media Sosial & Pelatihan Digital Marketing

Media Digital
Senin, 28 Maret 2022 - 18:07 WIB
Budi Cahyana
Berdayakan PCA Ngampilan, Dosen UMY Gelar Literasi Media Sosial & Pelatihan Digital Marketing Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar Sosialisasi Literasi Media Sosial dan Pelatihan Digital Marketing di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Minggu (27/3/2022). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Derasnya arus informasi di era digital perlu diimbangi dengan melakukan literasi media agar tidak terombang – ambing dari banyaknya informasi yang tak terbatas.

Melalui literasi media akan memberikan manfaat seperti menambah wawasan dan informasi yang beragam, memiliki kemampuan memahami makna dari suatu informasi, meningkatkan analisis berpikir, dan membantu mengoptimalkan kinerja otak karena sering digunakan untuk membaca dan menulis serta menganalisis masalah di dalam media.

Menyadari pentingnya literasi di tengah masyarakat, Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan salah satu pilar dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Kepada Masyarakat skema PPM-Muhammadiyah. Pengabdian ini diketuai oleh Adhianty Nurjanah yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi UMY, beranggotakan Nurul Makkiyah  Dosen Kedokteran UMY dan Dyah Wahyu Prihandari tendik Lembaga Pengembangan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (LPKSDM) UMY.

Pada Minggu, 27 Maret 2022 bertempat di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, telah dilaksanakan Sosialisasi Literasi Media Sosial dan Pelatihan Digital Marketing sebagai program dari Pengabdian Masyarakat skema PPM-MUH pada pengurus PCA Ngampilan. Sosialisasi Literasi Media Sosial disampaikan oleh Adhianty Nurjanah yang menerangkan bahwa literasi media akan membantu kita untuk memilah dan memilih informasi.

“Untuk menerapkan literasi media sosial, kita perlu untuk menaruh perhatian untuk melakukan penelusuran informasi yang dipercaya, melakukan partisipasi untuk saling bertukar informasi yang kredibel, berkolaborasi untuk redudansi dapat dihilangkan, memiliki kesadaran jaringan, berpikir secara kritis agar tidak terburu – buru membagikan informasi yang tidak jelas sumbernya, serta penting untuk mengetahui pemanfaatan media untuk tujuan yang positif,” jelas Adhianty Nurjanah pada saat menjelaskan materi literasi media sosial.

Selanjutnya pada pelaksanaan Pelatihan Digital Marketing, materi di sampaikan oleh Riski Apriliani selaku Asisten Dosen Ilmu Komunikasi UMY. Dalam materinya disampaikan terkait pemahaman digital marketing, perbedaan digital marketing dan tradisional marketing, pentingnya digital marketing, strategi untuk memulai digital marketing, hingga tutorial penggunakaan aplikasi digital marketing seperti WhatsApp Bussiness dan Instagram.

“Perlu dipahami bersama, digital marketing merupakan wujud dari literasi media untuk melakukan hal positif. Melalui digital marketing kita dapat memasarkan produk lebih mudah, hemat, dan mampu mempercepat pertumbuhan bisnis,” jelas Riski Apriliani pada Ibu – Ibu PCA Ngampilan untuk memotivasi melakukan pemasaran secara digital.

Pelaksanaan sosialisasi literasi media sosial dan pelatihan digital marketing berjalan lancar dan mendapatkan antusisas penuh dari peserta pelatihan. Hal ini dapat dilihat dari aktifnya peserta pada sesi diskusi tanya jawab serta aktif mengikuti tutorial penggunaan aplikasi digital marketing.

Hj. Siti Bari’ah BA selaku Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah Ngampilan mengucapkan terima kasih kepada Dosen UMY yang telah berbagi dan memberikan pemahaman lebih lanjut terkait Literasi Media Sosial dan Digital Marketing kepada Pengurus PCA Ngampilan. Beliau berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan agar semakin berdayanya perempuan khususnya pengurus PCA Ngampilan.

Pada kesempatan pelatihan ini Tim Pengabdian Dosen UMY turut memberikan Hibah Buku Literasi Media Sosial & Digital Marketing sebagai buku panduan literasi media dan pengapliaksian digital marketing.

Advertisement

Melalui Pengabdian Masyarakat Skema PPM-Muhammadiyah ini menjadi solusi untuk kemajuan masyarakat untuk lebih arif terhadap informasi yang beredar di era digital serta turut kreatif memanfaatkan media digital untuk kegiatan yang bermanfaat. (***)

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Bentuk Tim Gabungan Pencari Fakta untuk Tragedi Stadion Kanjuruhan

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement