Advertisement

Besok, Tol Pertama di Jogja Dibangun, Ini Harapan Pemda DIY

Sunartono
Selasa, 29 Maret 2022 - 15:47 WIB
Bhekti Suryani
Besok, Tol Pertama di Jogja Dibangun, Ini Harapan Pemda DIY Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pembangunan fisik tol Jogja-Bawen akan dimulai dengan peletakan batu pertama atau ground breaking pada Rabu (30/3/2022). Pemda DIY berharap keberadaan tol yang memudahkan akses menjadikan banyak produk asal DIY terjual keluar.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyatakan Pemda telah menerima surat undangan dari Jasa Marga terkait Ground Breaking tol Jogja-Bawen.

“Pak Gubernur sudah mendapatkan undangan untuk ground breaking [Tol Jogja Bawen] itu, mudah-mudahan beliau bisa hadir. Ini suratnya baru masuk, kita tunggu dawuhnya beliau, apakah rawuh atau disposisi,” katanya di Kompleks Kepatihan, Selasa.

Aji berharap keberadaan tol jika sudah beroperasi memberikan dampak positif bagi masyarakat. Kemudahan akses harapannya semakin banyak produk lokal DIY yang bisa dijual keluar daerah.

BACA JUGA: Rute ke Gua Kebon, Air Terjun di Kulonprogo yang Baru Saja Dikunjungi Artis

“Kami berharap dengan adanya tol kan akses menjadi lebih mudah, akses barang dan orang keluar masuk. Supaya positif berdampak pada masyarakat DIY, ini harus dijadikan sebagai sarana membuang atau menjual barang dari Jogja, misalnya kita punya kelebihan bawang, lombok, produk UMKM lainnya, itu jadi lebih mudah bagi DIY untuk menjual keluar,” ucapnya.

Sebaliknya, kata Aji, jangan sampai keberadaan tol membuat semakin banyak orang dari luar DIY menjual barang masuk sehingga produk DIY kalah bersaing. Hal ini akan menjadi perhatian Pemda DIY agar keberadaan tol memberikan manfaat kepada masyarakat DIY.

“Jangan terbalik justru karena ada tol aksesnya mudah, wong njobo mlebu [orang dari luar masuk ke DIY] ke desa-desa di Jogja lalu produksi Jogja kalah saing dari luar, itu yang jadi perhatian kami,” ucapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Senin, 3 Oktober 2022

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement