Advertisement

FK-KMK UGM Kembangkan Pembelajaran dan Layanan Kesehatan Berbasis TI

Media Digital
Kamis, 31 Maret 2022 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
FK-KMK UGM Kembangkan Pembelajaran dan Layanan Kesehatan Berbasis TI Salah satu tim memperlihatkan pengembangan inovasi pembelajaran berbasis TI, di Selasar Auditorium Pascasarjana Tahir FKKMK UGM, Selasa (29/3/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Sebagai upaya menyiapkan tenaga kesehatan masa depan handal dan inovatif, para dosen di Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM mengembangkan berbagai inovasi produk pembelajaran berbasis teknologi informasi (TI).

Berbagai pengembangan ini dipublikasikan dalam Pameran Hibah Pengembangan Mata Kuliah Berbasis Teknologi Informasi 2022, di Selasar Auditorium Pascasarjana Tahir FKKMK UGM, Selasa (29/3/2022). Sebanyak 25 tim menunjukkan inovasi dalam pameran ini.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKKMK UGM, Ahmad Hamim Sadewa, menjelaskan penyiapan tenaga kesehatan masa depan tidak bisa hanya mengandalkan media konvensional, namun perlu berbagai inovasi dalam konten materi maupun metode penyampaiannya.

Ia menceritakan mulai 2018, FKKMK UGM mulai menghibahkan pengembangan media pembelajaran berbasis TI. Hingga saat ini, beberapa produk media pembelajaran berbasis TI telah digunakan oleh mahasiswa di dalam pembelajaran, sedangkan sebagian produk masih dalam tahap uji coba.

Pameran ini digelar untuk mendimensikan kepada masyarakat luas hasil produk media pembelajaran dosen di FKKMK UGM. “Selain itu juga untuk menggugah lebih banyak ide dan inovasi baru dari sivitas akademika, serta ajang sharing informasi bagi dosen, mahasiswa dan industri,” katanya.

Diikuti dosen dan mahasiswa dari berbagai departemen dan prodi, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa serta menyiapkan tenaga kesehatan yang profesional dalam menjawab tantangan pelayanan kesehatan di masyarakat.

Ketua Kegiatan Pameran Hibah TI, Ariani Arista Putri Pertiwi, menuturkan sejak 2021, hibah pengembangan pembelajaran berbasis TI ada empat kategori. Kategori A, khusus untuk pengembangan learning resources atau media pembelajaran seperti video, podcast dan lainnya.

Lalu Kategori B, untuk pengembangan mata kuliah dengan learning management system, salah satunya Gajah Mada Medical Learning (Gamel). “Pembelajaran lebih bersifat terintegrasi dan mahasiswa bisa mengikuti secara terstruktur dan sistematis,” katanya.

Kategori C, untuk pengembangan Massive Open Online Courses (MOOC), yakni membuat mata kuliah yang diselenggarakan di UGM tidak hanya bisa diakses oleh mahasiswa UGM, tapi juga publik di luar UGM bahkan di luar negeri sehingga kebermanfaatannya lebih luas.

Terakhir Kategori D, pengembangan media pembelajaran yang lebih advance. Beberapa pengembangan dalam kategori ini menggunakan augmented reality, virtual reality, mobile application, tergantung di masing-masing bidang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Misterius! 3 Lumpang Batu Dipercaya Warga Simpan Harta Karun Emas

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 17:30 WIB

Advertisement

alt

Wah...Kini Ada Wisata Pasar Kuliner Minggu Pagi di Pakuningratan Jogja

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement