Advertisement

Kamar Siskaeee Mendadak Digeledah Petugas Lapas. Ada Apa?

David Kurniawan
Jum'at, 01 April 2022 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kamar Siskaeee Mendadak Digeledah Petugas Lapas. Ada Apa? Kalapas Perempuan IIB Yogyakarta Ade Agustina saat memantau proses penggeledahan di kamar penahanan Siskaeee yang berlangsung pada Kamis (31/3/2022) - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Tim gabungan menggeledah tempat penahanan Siskaeee, terdakwa kasus video syur di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang dititipkan di Lapas Perempuan Yogyakarta IIB di Kapanewon Wonosari, Kamis (31/3/2022) malam. Penggeledahan secara mendadak ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan ke seluruh tempat tinggal warga binaan, sekaligus dalam rangka peringatan hari Bhakti Kemasyarakatan ke-58.

Kepala Lapas Perempuan IIB Yogyakarta, Ade Agustina mengatakan, inspeksi mendadak di area lapas pada Kamis (31/3/2022) malam dilakukan bersama-sama dengan petugas Polsek Wonosari, Koramil serta anggota BNN. Seluruh ruang penahanan warga binaan digeledah, termasuk salah satunya yang ditempati oleh Siskaeee.

Advertisement

“Dia [Siskaeee] belum lama dipindah ke sini [Lapas Perempuan] karena baru sekitar 18 hari,” kata Ade, Jumat (1/4/2022).

Menurut dia proses sidak dilakukan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan petugas, untuk memastikan tidak ada benda-benda berbahaya di area lapas. Selain itu, juga sebagai upaya mencegah peredaran narkoba yang dilakukan warga binaan.

Baca juga: Delapan Saksi Dihadirkan di Sidang Kedua Siskaeee

“Semua berjalan lancar dan seluruh ruangan penahanan diperiksa satu persatu,” ujarnya.

Meski tidak menyebut satu per satu, Ade memastikan banyak menemukan barang-barang di tempat tinggal para napi. Puluhan benda-benda ini sangat berisiko sehingga harus diamankan, mengingat kondisi emosional warga binaan yang tidak menentu. Terlebih lagi warga binaan yang masih berstatus baru.

“Ada rautan pensil, cermin, tongkat, tali, cairan pembersih dan lain-lain,” kata Ade.

Komandan Rayon Militer (Danramil) 01/Wonosari, Kapten Cba Setiyono mengatakan, ikut membantu pihak Lapas Perempuan dalam proses penggeledahan yang dilaksanakan Kamis malam. Setiap kamar warga binaan digeledah dan benda-benda yang mencurigakan diamankan untuk mengurangi hal-hal yang tak diinginkan di area lapas.

“Jangan sampai ada hal yang tidak diinginkan terjadi, harus diantisipasi sedini mungkin,” kata Setiyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bakal Periksa Bupati Sidoarjo Hari Ini

News
| Jum'at, 19 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement