Advertisement

Masa Tunggu Naik Haji dari Kulonprogo Capai 31 Tahun

Hafit Yudi Suprobo
Senin, 04 April 2022 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Masa Tunggu Naik Haji dari Kulonprogo Capai 31 Tahun Ilustrasi jemaah haji - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Masa tunggu calon jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci dari Kulonprogo mencapai 31 tahun.

BACA JUGA: Rekomendasi 8 Pasar Tiban di Jogja, Ngabuburit yuk!

Advertisement

Kepala Kantor Kemenag Kulonprogo Wajib Jamil mengatakan jawatannya sampai saat ini masih menunggu keputusan dari Pemerintah Arab Saudi soal ibadah haji di 2022.

“Jika kuotanya menyesuaikan aturan yang ada, kami tinggal memastikan jamaah yang akan berangkat berapa. Asalkan, sudah ada lampu hijau ibadah haji diperbolehkan dan bisa berangkat penuh. Jemaah kami bisa mencapai 250 calon haji tahun ini," ujar Wahib Jamil pada Senin (4/3/2022).

MenurutWahib Jamil, berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), masa tunggu haji dari Kulonprogo mencapai 31 tahun dengan jumlah antrean mencapai 9.997 orang yang tersebar di berbagai kecamatan. Guna mengatasi lamanya masa tunggu tersebut, Kemenag Kulonprogo kemudian berinisiatif membuat Program Haji Siaga (Haji Sinau Agama).

“Melalui program ini, Kemenag Kulonprogo menyapa dan menyegarkan kembali ilmu agama para calon jamaah haji yang masuk daftar tunggu. Alhamdulillah komunikasi bisa terjalin dengan baik. Kami bekerja sama dengan masyarakat, takmir masjid, dan unsur lainnya,” kata Wahib Jamil.

BACA JUGA: Aspal Diganti, Fly Over Janti Ditutup Mulai Malam Ini, Jalur Dialihkan

Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kulonprogo Saeful Hadi mengatakan secara umum Program Haji Siaga baru menyapa calon haji yang berangkat tahun 2022 dan 2023.

“Sementara untuk yang lainnya, akan disapa melalui Program Sapa Warga. Kami akan kuatkan calon haji yang sudah berusia lanjut. Jika Allah SWT berkehendak lain misalnya, mereka tetap terhitung sudah haji,” kata Saeful Hadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

10 Orang Tewas Usai Dua Helikopter Militer Malaysia Tabrakan, Berikut Kronologinya

News
| Selasa, 23 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement