Advertisement

Harap Sabar! Masa Tunggu Haji di Kulonprogo Mencapai 31 Tahun

Hafit Yudi Suprobo
Senin, 04 April 2022 - 19:07 WIB
Bhekti Suryani
Harap Sabar! Masa Tunggu Haji di Kulonprogo Mencapai 31 Tahun Ibadah haji. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Masa tunggu calon jemaah haji di Kulonprogo menembus 31 tahun. Sejumlah program disiapkan bagi jemaah calon haji haji sebelum masa keberangkatan tiba.

Kepala Kantor Kemenag Kulonprogo Wajib Jamil mengatakan jawatannya sampai saat ini masih menunggu keputusan dari Pemerintah Arab Saudi soal ibadah haji di tahun 2022.

Meskipun, sejumlah sinyal dibolehkannya ibadah haji telah mencuat. Seiring, aktivitas peribadatan di tanah suci juga sudah dilonggarkan. Seperti, sudah dibukanya ibadah umrah dan kegiatan ibadah lainnya di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi.

"Jika kuotanya menyesuaikan aturan yang ada, kita tinggal memastikan jemaah yang akan berangkat berapa. Asalkan, sudah ada lampu hijau ibadah haji diperbolehkan dan bisa berangkat penuh. Jemaah kita bisa mencapai 250 jamaah haji dari Kulonprogo untuk tahun 2022," ujar Wahib Jamil pada Senin (4/3/2022).

BACA JUGA: Awal Puasa, Objek Wisata di Pansela Bantul Sepi

Dikatakan Wahib Jamil, berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), masa tunggu haji dari Kulonprogo mencapai 31 tahun dengan jumlah terakhir mencapai 9.997 orang yang tersebar di berbagai Kapanewon. Melihat lamanya masa tunggu tersebut, maka Kemenag Kulonprogo kemudian berinisiatif membuat Program Haji Siaga (Haji Sinau Agama).

"Melalui program ini, Kemenag Kulonprogo menyapa dan menyegarkan kembali ilmu agama para calon jamaah haji yang masuk list tunggu. Alhamdulillah komunikasi bisa terjalin dengan baik. Kami bekerjasama dengan masyarakat, takmir masjid dan unsur lainnya," kata Wahib Jamil.

Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kulonprogo Saeful Hadi mengatakan secara umum program haji siaga baru menyapa calon jamaah haji pemberangkatan tahun 2022 dan 2023.

"Sementara untuk yang lainnya, akan disapa melalui program Sapa Warga. Kami akan kuatkan calon jamaah haji khususnya yang sudah berusia lanjut. Jika Allah SWT berkehendak lain misalnya, mereka tetap terhitung sudah haji," kata Saeful Hadi.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arkeolog Temukan Gigi Berusia 1,8 Juta Tahun di Georgia

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement