Advertisement

Awal Puasa, Objek Wisata di Pansela Bantul Sepi

Ujang Hasanudin
Senin, 04 April 2022 - 11:17 WIB
Arief Junianto
Awal Puasa, Objek Wisata di Pansela Bantul Sepi Suasana Pantai Parangtritis di akhir pekan pada Minggu (21/11/2021) - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja,com, BANTUL--Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Bantul terutama wisata alam pantai selatan (pansela) menurun drastis pada awal Ramadan ini. Penurunan kunjungan wisatawan ini seperti yang sudah diprediksi bahwa selama puasa wisatawan yang mengunjungi objek wisata bakal sedikit.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi memaparkan data kunjungan pada awal puasa atau mulai 1-3 April 2022 wisatawan yang berkunjung hanya 12.798 orang. Dari jumlah tersebut pendapatan asli daerah (PAD) yang diperoleh Dinas Pariwisata sebesar Rp124,4 juta

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Jumlah wisatawan yang berkunjung ini turun drastis atau sekitar 65,8 persen dibanding weekend sebelumnya. Penurunan ini karena sudah masuk bulan puasa,” kata Markus, saat dhubungi Senin (4/4/2022).

BACA JUGA: Bingung Mau Booster di Mana, RS Panembahan Senopati Buka Layanan Vaksin Dosis III

Sementara kunjungan pada weekend sebelumnya atau pada 25-27 April 2022 pengunjung yang masuk ke objek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Bantul tersebut sebanyak 37.450 orang dengan pendapatan Rp363,7 juta.

Sementara untuk data kunjungan selama satu pekan terhitung 28 Maret sampai 3 April 2022 mencapai 29.795 orang dengan total pendapatan mencapai Rp289.349.250. Kunjungan satu pekan ini juga mengalami penurunan dibanding satu pekan sebelumnya pada 21-27 Maret mencapai 49.464 orang dengan total pendapatan mencapai Rp480,5 juta.

“Untuk kunjungan dalam hitungan satu pekan ada penurunan kunjungan wisatawan mencapai 40 persen,” ujarnya.

BACA JUGA: Permintaan Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Terus Membanjir

Menurut pria yang akrab disapa Ipung ini, kunjungan akhir pekan ini didominasi pada Jumat (1/4) atau bersamaan dengan momen padusan atau menyucikan diri sebelum memasuki Ramadan dengan jumlah wisatawan dalam sehari mencapai 4.741 orang. Sebagian besar pengunjung masih ke Pantai Parangtritis, sisanya ke pantai wilayah barat.

Lebih lanjut Ipung mengatakan pihaknya sudah memprediksi bahwa selama Ramadan semua objek wisata akan sepi pengunjung. Kunjungan wisatawan diprediksi akan meningkat dua pekan sebelum libur lebaran Idulfitri mengingat sudah banyak warga yang mudik ke kampung halaman dan menyempatkan diri untuk berkunjung ke objek wisata sembari ngabuburit menunggu berbuka puasa.

“Wisatawan akan mengunjungi objek wisata pantai yang ada kulinernya seperti Pantai Depok, Pantai Goa Cemara hingga Pantai Baru,” tandas Ipung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement