Advertisement

Tim Mobil Garuda UNY Juara Umum FESC

Media Digital
Selasa, 12 April 2022 - 22:07 WIB
Sugeng Pranyoto
Tim Mobil Garuda UNY Juara Umum FESC Tim Mobil Garuda UNY saat berlaga di ajang Formula Electric Student Championship (FESC) di Jakarta. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Tim Mobil Garuda UNY berhasil meraih prestasi di ajang Formula Electric Student Championship (FESC) yang merupakan salah satu rangkaian event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 yang diadakan di Jakarta International Expo pada 30 Maret-10 April 2022.

Dalam kompetisi yang diikuti oleh 11 perguruan tinggi dan pameran yang dikunjungi oleh lebih dari 2.200 visitors ini, Tim Mobil Garuda UNY berhasil mendapatkan gelar Juara 1 Skidpad, Juara 1 Endurance, dan Juara Umum.

Advertisement

Manajer Tim Mobil Garuda UNY, Kesit Bayu Purnomo, mengatakan tim harus menentukan strategi yang tepat untuk meraih target juara umum. “Proses yang telah dilewati tim meliputi persiapan, riset,

manufaktur, dan latihan driver yang dilakukan selama tiga bulan,” ujar Kesit yang juga yang mahasiswa Fakultas Teknik UNY itu saat ditemui di Bengkel Otomotif FT UNY Mingu (10/4).

Kesit berharap setelah FESC ini Tim Mobil Garuda UNY tetap fokus berkreasi dan terus berprestasi pada implementasi electric vehicle pada berbagai moda transportasi. Selain itu mobil Garuda EV-22 ini juga akan mengikuti kompetisi International Student Car Competition (ISCC) di Korea Selatan.

Driver Tim Mobil Garuda UNY, Sultantyo Djatinegoro, menambahkan tantangan dalam kompetisi ini adalah driver harus gesit dan memiliki daya tahan tubuh kuat karena harus menyelesaikan 60 lap pada uji endurance dan efisiensi. “Track-nya berpasir dan basah karena hujan, jadi kami juga harus lebih berhati-hati. Selain itu digunakan ban basah karena kalau menggunakan ban soft traksinya terlalu besar sehingga terjadi oversteer,” kata Sultan sapaan akrabnya.

Di sisi lain, bantuan dan dukungan dari pimpinan UNY serta pihak sponsor juga sangat berkontribusi dalam prestasi ini. Advisor Tim Mobil Garuda UNY, Zainal Arifin, mewakili Tim Mobil Garuda UNY mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan sivitas akademika UNY serta sponsor yang telah mendukung kegiatan tim. Ia juga mengapresiasi keluarga besar tim yang sampai saat ini masih berkomitmen dalam pengembangan mobil listrik di Garuda UNY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement