Advertisement

Bandara YIA Buka Layanan Vaksinasi Booster

Hafit Yudi Suprobo
Selasa, 12 April 2022 - 13:57 WIB
Bhekti Suryani
Bandara YIA Buka Layanan Vaksinasi Booster Ruang tunggu Bandara YIA di Kulonprogo, Kamis (6/1/2022). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo membuka layanan vaksinasi Covid-19 booster atau penguat bagi calon penumpang, masyarakat, maupun komunitas bandara per Selasa (12/4/2022). Kuota yang disediakan sementara baru sebanyak 30 dosis.

PTS General Manager Bandara YIA Agus Pandu Purnama mengatakan layanan vaksinasi Covid-19 booster di Bandara YIA sudah dikoordinasikan dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan selaku penyelenggara maupun Dinas Kesehatan DIY.

"Sehingga, kami hari ini membuka pelayanan vaksin untuk booster bagi penumpang. Namun, saya kira tidak hanya penumpang, kami tadi sudah sepakat dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan sebagai penyelenggaranya untuk juga dibuka vaksinasi bagi masyarakat umum plus juga komunitas bandara YIA," kata Agus Pandu pada Selasa (12/4/2022).

BACA JUGA: Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Mulai Merambah ke  Tamanmartani  

Dikatakan Agus Pandu, layanan vaksinasi Covid-19 booster di Bandara YIA semata-mata untuk memudahkan calon penumpang yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama maupun kedua. Terlebih, bagi masyarakat yang sudah mendapatkan dosis booster atau ketiga tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test Antigen.

"Jadi, per tanggal 12 April ini kami membuka [layanan vaksinasi booster Covid-19] sejak pukul 09.00 sampai 13.00 WIB. Nanti, kami akan menyesuaikan kebutuhan, apabila animo masyarakat untuk mengakses bandara ini sebagai layanan vaksin maka akan kami pertimbangkan untuk [menambah] jam operasinya," ungkap Agus Pandu.

Lebih lanjut, soal kuota vaksinasi booster Covid-19 di Bandara YIA angkanya memang belum masif. Kuota masih dibatasi sebanyak 30 dosis per hari. Namun, kuota bisa berubah sewaktu-waktu jika Pemkab setempat dalam hal ini Pemkab Kulonprogo mampu memberikan dukungan dosis vaksin booster.

"Nah, untuk kuota kami sedang berkoordinasi dengan Dinkes DIY, karena setiap hari kita baru diberikan 30. Sehingga, saya berharap ke depan bisa lebih. Jadi, dukungan vaksinnya dari Pemkab sangat kami butuhkan. Intinya bahwa kami pelaksananya ada, dokternya ada, yang menyuntikkan vaksin untuk penumpang," kata Agus Pandu.

"Mudah-mudahan lebih banyak lagi ketersediaan vaksinnya [booster]. Karena sesuai dengan keinginan pemerintah, sebelum lebaran masyarakat harus sudah di-booster semua, sehingga bisa mendukung pelaksanaan mudik. Layanan vaksinasi booster bagian dari persiapan bandara YIA untuk mendukung masyarakat yang akan mudik lebaran," sambung Agus Pandu.

Bagi masyarakat, khususnya calon penumpang di Bandara YIA yang ingin mendapatkan layanan vaksinasi booster Covid-19 diimbau untuk datang dua jam sebelum vaksinasi booster Covid-19 dilakukan atau sebelum jam keberangkatan. Adapun, jenis vaksin booster yang disediakan beragam.

Advertisement

"Untuk vaksin saya kira minimal dua jam sebelum keberangkatan karena nanti ada observasi 30 menit, setelah itu baru mendapatkan kartu [vaksin] dan lain-lain. Untuk jenis vaksin tergantung dengan ketersediaan dari Dinas Kesehatan DIY. Bisa Sinovac, bisa AstraZeneca, Moderna, dan lainnya," terang Agus Pandu.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

ICJR Desak Ferdy Sambo Cs Dijerat Pidana Pembunuhan Berencana, Tak Hanya Sanksi Etik

News
| Rabu, 10 Agustus 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Kedung Pengilon, Tak Hanya Jadi Tempat Wisata, Tapi untuk Ritual

Wisata
| Rabu, 10 Agustus 2022, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement