Advertisement

PMI DIY Siapkan 20 Pos Pertolongan Pertama Selama Mudik, Cek Lokasinya!

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 27 April 2022 - 14:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
PMI DIY Siapkan 20 Pos Pertolongan Pertama Selama Mudik, Cek Lokasinya! Ilustrasi Palang Merah Indonesia - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Palang Merah Indonesia (PMI) DIY menyiapkan 20 Pos Pelayanan Pertolongan Pertama dan Ambulans di seluruh DIY. Selain itu, sejumlah 573 personil dan 22 ambulans juga disiagakan untuk membantu masyarakat yang merayakan Lebaran tahun 2022.

“Kami menyiagakan personil PMI yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama yang akan membantu melayani masyarakat merayakan lebaran di DIY. Mereka akan bertugas 24 jam dalam 3 shift perhari mulai H-6 dan H+7 lebaran di tempat-tempat keramaian, jalur-jalur masuk dan keluar DIY dan masing-masing Markas PMI,” tutur GBPH. H. Prakubusumo, S.Psi selaku Ketua PMI DIY dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (27/4/2022).

Advertisement

PMI Kota Jogja membuka satu Pos di Markas PMI Kota Jogja. Sementara PMI Kabupaten Sleman menyiagakan Pos Pelayanan Terpadu Pertolongan Pertama dan Ambulans di Markas PMI Kabupaten Sleman dengan dukungan Pos Pembantu dari 12 PMI Kapanewon yang bekerja sama dengan Kapanewon setempat, seperti PMI Kapanewon Ngaglik, Godean, Seyegan, Mlati, Pakem, Sleman, Gamping, Berbah, Depok, Turi, Ngemplak, Moyudan dan Prambanan.

PMI Kabupaten Bantul akan membuka tiga pos di Markas PMI Kabupaten Bantul, Pos Madukismo dan dibantu Pos Sedayu yang dikelola terpadu oleh PMI Kapanewon Sedayu dan instansi di wilayah Sedayu. Selanjutnya PMI Kabupaten Gunungkidul membuka dua pos terpadu di Markas PMI Kabupaten Gunungkidul dan Pos Gading. Sedang PMI Kabupaten Kulon Progo melayani dua pos yakni Markas PMI Kabupaten Kulonprogo dan Pos Jembatan Timbang, Kulwaru, Kulonprogo.

“Untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, personil PMI dengan ambulans akan mobile ke lokasi-lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan seperti Pantai Selatan Kulonprogo, Bantul dan Gunungkidul, tempat-tempat wisata di wilayah DIY serta antisipasi saat keramaian di tempat-tempat ibadah seperti sholat Idulfitri,” jelas Gusti Prabu panggilan akrab Ketua PMI DIY.

Selain itu, masyarakat yang membutuhkan tempat istirahat bisa mengunjungi Pos pelayanan PMI Kabupaten Kulonprogo yang bekerja sama dengan UPPKB Jembatan Timbang Kulwaru atau Pos Pelayanan PMI Kabupaten Gunungkidul Pos Gading yang juga merupakan rest area. Tersedia tempat tidur, toilet, tempat ibadah, juga check kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah. Masyarakat juga bisa mengakses informasi kejadian bencana, kondisi lalu lintas melalui radio komunikasi.

“Lebaran kali ini kita masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, untuk itu saya berharap dan mengimbau agar kita semua tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah, mudik dengan sehat dan nyaman, saling menjaga satu sama lain. PMI pun untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, bekerja sama dengan Kepolisian Daerah DIY, Polres, Polsek, Kwarda DIY, Rapi, Orari, Basarnas, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, rumah sakit, serta puskesmas selama libur lebaran ini,” kata Gusti Prabu.

Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait pertolongan pertama jika mengalami kedaruratan dapat mengunduh dan membuka Aplikasi First Aid atau pertolongan pertama di Play Store. Sementara untuk mengakses informasi stok darah bisa mengunjungi laman ayodonor.pmi.or.id atau akun media sosial PMI DIY.

Selama libur lebaran masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan darah 24 jam PMI, sedangkan pelayanan donor darah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB di 5 Unit Donor Darah PMI Kabupaten dan Kota seluruh DIY.

“Stok darah selama Ramadan tercukupi, namun yang perlu diantisipasi adalah setelah lebaran minggu kedua. Biasanya pendonor darah menurun karena banyak yang mudik atau masih fokus silaturahmi. Untuk itu kami tetap berharap dan mengimbau masyarakat khususnya pendonor darah sukarela untuk menyempatkan berdonor darah di sela-sela liburannya atau yang akan mudik mendonorkan darahnya terlebih dahulu. Apalagi bagi mereka yang sudah mendapatkan “pesan cinta” dari PMI untuk berdonor darah kembali, bisa bersegera mengunjungi Unit Donor Darah PMI agar mereka yang membutuhkan tetap dapat mendapatkan pelayanan dengan baik”, ujar dr. Suryanto, Sp.PK (K) Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI DIY. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement