Advertisement

Lembaga Pemasyarakatan Dituntut Mengedepankan Layanan Cermat

Media Digital
Rabu, 27 April 2022 - 16:37 WIB
Bhekti Suryani
Lembaga Pemasyarakatan Dituntut Mengedepankan Layanan Cermat Suasana perayaan puncak Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 pada Rabu (27/4/2022) di Kanwil Kemenkum HAM DIY-Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

JOGJA - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkum HAM) DIY beserta jajaran mengikuti kegiatan puncak Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 pada Rabu (27/4/2022). Perayaan dimeriahkan dengan pemberian satu gerobak angkringan kepada klien pemasyarakatan dan pemberian penghargaan kepada petugas dan Satuan kerja (Satker) berprestasi.

Kepala Kanwil kementerian Hukum dan HAM DIY, Imam Jauhari menyebut, di usia yang cukup matang ini jajaran pemasyarakatan dan para Satker harus memastikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat khususnya para warga binaan Pemasyarakatan (WBP). Menurutnya, evaluasi kinerja akan terus dilakukan secara bertahap guna memastikan pelayanan dan perlakuan terhadap WBP sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Advertisement

"Untuk di Jogja banyak hal yang sudah dilakukan kepada masyarakat. Mengingat di Jogja juga ada satu Satker khusus narkotika, pusat sudah menyiapkan alokasi anggaran untuk program rehabilitasi kepada WBP yang saat ini mengalami kasus narkoba. Ini juga bentuk perhatian negara kepada WBP," ujarnya.

BACA JUGA: Gunakan Transportasi Umum, 35.000 Pemudik Sudah Tiba di DIY

Imam menjelaskan, program rehabilitasi akan dilakukan bertahap dan direncanakan rampung pada tahun ini. Pada Juni nanti sebanyak 120 WBP dinyatakan selesai dalam mengikuti program rehabilitasi itu dan kemudian disusul oleh WBP lainnya pada akhir tahun ini. Lewat program rehabilitasi, pihaknya berharap para WBP yang terjerat kasus pidana narkotika bisa bebas sepenuhnya dari ketergantungan.

"Selain itu ada juga beberapa WBP yang pidana umum yang dibina lewat program kemandirian agar mereka nanti setelah keluar punya keahlian dan diterima oleh keluarga dan masyarakat sekitar," jelas Imam.

Dalam memeriahkan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58, Kanwil Kemenkum HAM DIY juga telah menyelenggarakan berbagai kegiatan yang melibatkan publik setempat yang dimulai sejak bulan lalu. Sejumlah kegiatan itu di antaranya berupa lomba vlog layanan pemasyarakatan, lomba film pendek, lomba inovasi pelayanan publik, one day one prison's product, safari Ramadan, dan lainnya.

Puncak perayaan juga diikuti oleh seluruh jajaran pemasyarakatan se-Indonesia secara daring. Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly dalam sambutannya berpesan agar unit kerja di bawah satuan Ditjen PAS untuk yakin dan optimistis dengan berbagai tantangan kinerja yang ada. Di usia yang sekarang, pelayanan kepada masyarakat juga mesti mengedepankan layanan yang cermat dan berpedoman pada mitigasi risiko. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement