Advertisement

Taman Sari dan Kraton Tutup, Banyak Wisatawan Kecele

Ujang Hasanudin
Senin, 02 Mei 2022 - 17:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Taman Sari dan Kraton Tutup, Banyak Wisatawan Kecele Pengunjung Tamansari kecele dan hanya berswafoto di halaman depan karena objek wisata masih tutup, Senin (2/5/2022) - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sejumlah wisatawan kecele saat mengunjungi dua objek wisata yang dikelola Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, yakni Taman Sari dan Unit Pagelaran dan Cepuri Kedhaton Kraton, karena kedua objek wisata tersebut masih tutup selama libur lebaran ini.

Dari pantauan lapangan banyak wisatawan hilir mudik di halaman pintu masuk Taman Sari dan Kompleks Keben Kraton. Mereka hanya bisa berswafoto dari depan pintu gerbang karena kedua objek wisata tersebut masih tutup.

Sebagaimana diketahui Unit Pagelaran dan Cepuri Kedhaton Kraton tutup untuk wisatawan pada 2-4 Mei 2022. Sementara Taman Sari tutup pada 2-3 Mei 2022. Wira Kristian, salah satu wisatawan asal Tangerang ini mengaku sengaja datang bersama temannya ke Taman Sari untuk berlibur dan berfoto-foto di objek situs milik Kraton tersebut.

Namun tiba di Taman Sari ternyata masih tutup, “Tidak tahu kalau tutup, kirain buka,” katanya, saat ditemui di pintu Taman Sari, Senin (2/5/2022). Bahkan rencananya ia juga akan mengunjungi objek wisata Kraton.

Baca juga: Seusai Salat Id, Jokowi Silaturahmi ke Kraton

Padahal ia dan temannya sudah merencanakan liburan tersebut ke sejumlah objek wsiata di DIY. Wira bersama temannya tiba di Jogja sejak 30 April lalu dan berencana berlibur di Jogja hingga 6 Mei mendatang.

Senada disampaikan Aprilia. Perempuan asal Medan tersebut datang ke Jogja bersama tiga temannya untuk mengunjungi Taman Sari, “Tidak tahu kalau ternyata tutup,” ucapnya. Meski demikian mereka sempat mengabadikan foto dari depan pintu gerbang dengan latar belakang bangunan Taman Sari.

Demikian pantauan di objek wisata Kraton banyak wisatawan yang hilir mudik datang ke Kompleks Keben, namun karena masih tutup, mereka terpaksa berputar balik dan hanya bisa berswafoto dari pintu gerbang Keben.

Salah satu pengelola wisata Taman Sari, Nicolaus Ardianto mengatakan selama libur lebaran Taman Sari hanya tutup dua hari, yakni 2-3 Mei, “Kami kembali buka lagi di tanggal 4 Mei,” katanya. Sementara Kraton dan Pagelaran tutup 2-4 Mei dan baru buka pada 5 Mei mendatang. Operasional juga tetap sama mulai pukul 09.00-15.00 WIB.

Pihaknya mengaku sudah mengumumkan penutupan tersebut di media sosial milik taman Sari dan Kraton sejak H-7 lebaran. Untuk tiket masuk tidak ada kenaikan harga pada liburan lebaran ini, tetap sama seperti hari biasa.

Advertisement

“Untuk tiket per satu orang masih Rp5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp15.000 untuk wisatawan internasional. Kraton per satu orang Rp7.500 untuk wisatawan lokal dan Rp15.000 untuk wisatawan internasional,” ujarnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement