Advertisement

Libur Lebaran, SAR Gunungkidul 24 Jam Berjaga di Pantai

Triyo Handoko
Senin, 02 Mei 2022 - 21:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Libur Lebaran, SAR Gunungkidul 24 Jam Berjaga di Pantai Suasana keramaiaan di bibir Pantai Kukup yang dipadati pengunjung, Senin (2/5/2022). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Tim SAR Gunungkidul mengamankan kawasan wisata pantai non-stop 24 jam selama libur lebaran, 2-9 Mei.

Koordinator SAR Pantai Baron Sujari Widiyanto menyebutkan pengamanan ini dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan laut bagi wisatawan dan hal-hal yang tak diinginkan lainnya. “Perkiraan kami pantai akan padat pengunjung, terutama wisatawan keluarga yang membawa anak-anak untuk itu kami berjaga 24 jam agar lebih aman,” jelas Sujari, Senin (2/5/2022).

Kepadatan pengunjung wisata pantai, menurut Jusari, meningkatkan risiko kecelakaan laut. “Terutama risiko tingginya pada anak-anak, bisa karena orang tua tidak memperhatikan jadi anak tak terpantau,” katanya.

Sujari menjelaskan persiapan pengamanan yang dilakukannya antara lain menambah stok obat-obatan pertolongan pertama hingga penambahan peralatan penyelamatan. “Walaupun rawan kecelakaan, kami berharap tidak terjadi,” ujarnya.

Baca juga: Seusai Salat Id, Jokowi Silaturahmi ke Kraton

Untuk itu, Sujari mengimbau, pengunjung agar tetap menjaga keamanan dan keselamatan dirinya masing-masing. “Misalnya, patuhi rambu-rambu dan arahan petugas, prokes juga tetap dilakukan,” ujarnya.

Senadan dengan Sujari, Ketua Pokdarwis Pantai Kukup Wasiyo juga mengimbau hal serupa. “Yang penting tertib, pasti nanti berwisatanya jadi aman dan menyenangkan,” ujarnya, Senin (2/5/2022).

Persiapan yang dilakukan Wasiyo untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Pantai Kukup dengan melakukan patroli dan penjagaan di bibir pantai. “Kami kerahkan kelompok pemuda karang tarunakarangtaruna agar membantu keamanankemanan wisatawan,” tandasnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tragedi Kanjuruhan, Kapolri Berjanji Usut Tuntas Pengamanan Pertandingan

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement