Advertisement

Khatib Salat Id di Gumuk Pasir Sebut Idulfitri Tahun Ini Istimewa, Ini Sebabnya

Anisatul Umah
Senin, 02 Mei 2022 - 11:47 WIB
Sugeng Pranyoto
Khatib Salat Id di Gumuk Pasir Sebut Idulfitri Tahun Ini Istimewa, Ini Sebabnya Salat id di Gumuk Pasir, Parangkusumo, Bantul, Senin (2/5/2022). Anisatul Umah - harianjogja.com

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Salat Idulfitri berjamaah kembali digelar di Gumuk Pasir, Parangkusumo hari ini, Senin (2/5/2022) setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid.

Ketua LPCR PP Muhammadiyah, Jamaludin Ahmad, bertindak sebagai Imam dan Khotib dalam kesempatan kali ini. Di mimbarnya dia menyampaikan pada jemaah jika Idulfitri tahun ini istimewa.

Advertisement

Pasalnya salat jemaah sudah bisa kembali digelar setelah pandemi Covid. Banyak yang gugur akibat wabah ini, namun sebagian masih diberi kesempatan untuk hidup dan menjalankan ibadah.

"Idulfitri tahun ini istimewa, bisa ibadah Ramadhan dengan jemaah dan bisa rasakan lagi Salat Id di Gumuk Pasir. Dua tahun lebih pandemi Covid [melanda] di Indonesia dan dunia ," ungkapnya saat mengisi kotbah.

Dia mendoakan agar semua yang meninggal dunia akibat pandemi Covid ini bisa khusnul khotimah. Dan bagi yang masih diberikan kesempatan untuk hidup, agar tidak menyia-nyiakan. "Beramal saleh agar kita punya bekal yang cukup saat dipanggil Allah. Waktu begitu cepat, bulan puasa datang dan berakhir," ujarnya.

Dia mengajak agar Ramadan dan Idulfitri tidak dimaknai hanya sebagai ibadah ritual saja. Namun menjadi pribadi yang lebih taat. "Apa yang perlu diamalkan dengan istiqomah, melestarikan dan meningkatkan nilai-nilai keimanan," ucapnya.

Pelaksanaan kembali Salat Id di Gumuk Pasir, Parangkusumo disambut antusias oleh masyarakat. Masyarakat berduyun-duyun datang dan Salat Id berjemaah.

Salah satu panitia Salat Id di Gumuk Pasir, Kostiyanti, 62, mengatakan persiapan untuk menggelar Salat Id di Gumuk Pasir dilakukan selama sepekan. Untuk pembuatan saf salat sendiri dilakukan sehari sebelumnya.

"Protokol kesehatan masih dilakukan dengan memakai masker dan cuci tangan dari rumah," ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement