Advertisement

YIA Resmi Layani Penerbangan Internasional

Newswire
Sabtu, 30 April 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
YIA Resmi Layani Penerbangan Internasional Suasana bandara Yogyakarta International Airport (YIA) pada Sabtu (1/5/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) kembali melayani penerbangan internasional yang ditandai dengan mendaratnya pesawat AirAsia AK 348 yang datang dari Kuala Lumpur Malaysia pada Jumat (29/4/2022) petang.

"Ini merupakan penerbangan internasional reguler perdana yang kembali dilayani sejak Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) beroperasi secara penuh bertepatan dengan wabah pandemi COVID-19 di Indonesia tahun 2020 lalu," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi di dalam rilis, Kulon Progo, Sabtu.

Advertisement

Ia mengatakan penerbangan AirAsia AK 348 mendarat di YIA membawa 171 penumpang yang 59 orang di antaranya merupakan Warga Negara Asing (WNA) dan selebihnya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). AirAsia AK 348 disambut dengan prosesi seremonial water salute yang berasal dari kendaraan pemadam kebakaran PT Angkasa Pura I YIA.

Usai ditetapkan menjadi entry point berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 42 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), YIA merupakan bandara kelima di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I yang kembali melayani penerbangan internasional.

PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Internasional Yogyakarta menyambut baik beroperasinya penerbangan rute internasional dari AirAsia yang menghubungkan Yogyakarta dengan Kuala Lumpur.

"Kami berkomitmen untuk terus memastikan setiap operasional dan pelayanan penerbangan kepada seluruh pengguna jasa berjalan lancar dan memenuhi standar keamanan, keselamatan dan pelayanan yang berlaku. Kami optimis dengan pembukaan rute ini akan mampu meningkatkan trafik penerbangan rute internasional di YIA secara perlahan serta membawa multiplier effect bagi pemulihan ekonomi dan industri pariwisata di Yogyakarta," kata Faik Fahmi.

Sementara itu, Direktur Utama AirAsia, Veranita Yosephine mengatakan penerbangan AirAsia KUL-YIA-KUL sementara akan beroperasi dengan frekuensi dua kali dalam satu minggu, yaitu pada Jumat dan Minggu. Maskapai AirAsia menggunakan pesawat jenis Airbus A320 Neo berkapasitas 186 penumpang, sehingga pada penerbangan perdana hari ini mencapai kapasitas jumlah penumpang (load factor) 92 persen.

“Kami melihat ini menjadi potensi positif sebagai upaya pemulihan sektor penerbangan, pariwisata dan perekonomian dalam melewati masa pandemi. Kita akan terus berkolaborasi dengan PT Angkasa Pura I untuk memaksimalkan peluang yang kita miliki,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan atas nama pemerintah DIY, ia mengucapkan terima kasih, ini merupakan kesempatan yang baik sekali, dengan dibukanya kembali penerbangan internasional melalui YIA.

"Kami mempunyai harapan semoga ini dapat membuka aksesibilitas bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Yogyakarta, dan tentu akan membuka peluang juga bisnis dan investasi di Yogyakarta. Semoga dapat segera menyusul rute-rute penerbangan internasional lainnya,” kata Singgih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement