Objek Wisata Hutan Pinus Diproyeksi Padat saat Akhir Pekan

Wisatawan berkunjung ke Pinus Sari Mangunan, Selasa (3/5/2022). - Anisatul Umah/Harian Jogja.
03 Mei 2022 17:27 WIB Anisatul Umah Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Hutan pinus menjadi salah satu objek wisata yang paling diminati di Bantul selain Pantai Parangtritis. Kunjungan wisatawan meningkat memasuki libur Lebaran 2022.

Pada hari ini, Selasa (3/5/2022) per jam 12.00 WIB jumlah pengunjung di Pinus Sari Mangunan telah mencapai 971 orang dan masih terus bertambah.

Penjaga Loket Pinus Sari Mangunan, Putri A. Handika mengatakan sebelumnya pada hari pertama lebaran kunjungan mencapai 1.030 orang.

"Kunjungan kemarin 1.030, itu sampai jam 17.30 WIB dari buka jam 07.00 WIB," ungkapnya kepada Harian Jogja ditemui di Pinus Sari Mangunan, Selasa (3/5/2022).

Menurutnya jumlah pengunjung akan semakin padat pada akhir pekan ini. Jumlah pengunjung pada momen Lebaran ini jika dirata-rata disebutnya akan berada di atas 1.000 pengunjung.

Baca juga: 3 Pos Pantau di Kawasan Hutan Pinus Mangunan Disiapkan

"Proyeksi Sabtu dan Minggu akan lebih padat, tapi kadang bisa sama juga rata-rata 1.000-an sekian," jelasnya.

Pada hari-hari biasa saat weekday jumlah kunjungan mencapai 300-400-an orang. Namun pada akhir pekan meningkat sekitar 1.000-an orang.

"Biasanya peningkatan di weekend Sabtu Minggu," ucapnya.

Dibandingkan momen lebaran, jumlah pengunjung lebih ramai pada momen natal dan tahun baru. Karena waktu libur yang relatif lebih singkat.

"Kalau lebaran kan lama, jadi kepecah kunjungannya," lanjutnya.

Berdasarkan pantauan Harian Jogja, protokol kesehatan di lokasi masih diterapkan. Lokasi cuci tangan tersedia di berbagai sisi.

Sebelum pengunjung masuk juga dilakukan pengecekan suhu dan bagi yang tidak memakai masker atau yang memakai tapi tidak dengan benar akan diingatkan petugas.

Salah satu pengunjung, Dian, mengaku berwisata dalam rangka mengisi libur panjang. "Ini dalam rangka liburan saja," ucapnya

Sementara itu jalan Imogiri ke arah Mangunan hingga siang hari sekitar pukul 12.45 WIB masih terjadi kepadatan. Beberapa titik macet dan selepasnya ramai lancar.