3 Pos Pantau di Kawasan Hutan Pinus Mangunan Disiapkan

Objek wisata Watu Goyang, Mangunan, Dlingo, Selasa (5/3/2019). Kawasan inilah yang akan dibangun reatoran desa tahun ini dengan anggaran mencapai Rp800 juta. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
01 Mei 2022 13:47 WIB Anisatul Umah Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Polres Bantul telah menyiapkan tiga pos pantau untuk kawasan Hutan Pinus Mangunan. Kasat Lantas Polres Bantul AKP Gunawan Setiyabudi menjelaskan pos pantau pertama adalah Watu Goyang.

Menurutnya di pos ini petugas Polri akan melakukan pengaturan dengan mengibarkan bendera semaphore untuk peringatan kepada pengemudi yang melintas agar berhati-hati. Selain itu juga dipasang spanduk untuk menggunakan gigi satu di pos Watu Goyang.

"Dengan cara bertindak petugas Polri berdiri dan melaksanakan pengaturan dengan mengibarkan bendera semaphore," jelasnya kepada Harian Jogja, Sabtu (30/4/2022).

Pos pantau kedua adalah di Mangunan. Petugas akan melaksanakan pengaturan arus lalu lintas apabila jalur naik dan turun padat.

Pos pantau ketiga adalah Pinus Sari. Polres Bantul akan menempatkan regu Polwan untuk melakukan edukasi kepada pengemudi dan pengunjung, supaya berhati-hati saat melewati turunan arah Imogiri.

Baca juga: Puncak Mudik Lewat, Pemudik Masih Padati Yogyakarta International Airport

"Dan gunakan gigi rendah, serta agar seluruh pengunjung disiplin protokol kesehatan," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Polres Bantul juga akan menyiapkan tim pengurai macet di Jalan Wonosari, Jalan Parangtritis, dan kawasan Mangunan. Untuk mengurai apabila terjadi kepadatan arus lalu lintas.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan dua lokasi wisata favorit di Bantul adalah Pantai Parangtritis dan Hutan Pinus.

"Favorit [wisata Bantul] masih Pantai Parangtritis dan Hutan Pinus," ungkapnya kepada Harian Jogja, Sabtu (30/4/2022).

Menurutnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bantul pada momen lebaran 2022 diproyeksikan bisa lebih tinggi dari 2019. Di mana puncak kunjungan akan terjadi pada 3 Mei - 5 Mei 2022.

"Puncak kunjungan perkiraan 3 Mei - 5 Mei. Kemungkinan bisa ada kenaikan [dibandingkan tahun 2019]," jelasnya.