Advertisement

Wisatawan Luar Daerah Mulai Padati Breksi

Lugas Subarkah
Selasa, 03 Mei 2022 - 13:27 WIB
Sugeng Pranyoto
Wisatawan Luar Daerah Mulai Padati Breksi Pengunjung berwisata di Tebing Breksi, Selasa (3/5/2022).- Lugas Subarkah - harianjogja.com

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Objek wisata Tebing Breksi di Prambanan, Sleman, mulai ramai wisatawan pada hari kedua Lebaran atau Selasa (3/5/2022). Para pengunjung didominasi oleh wisatawan luar daerah, seperti Jawa Barat dan sekitarnya, yang sengaja memilih Jogja sebagai kota untuk libur Lebaran.

Beberapa bus dan puluhan mobil pribadi terparkir di kawasan Tebing Breksi. Wisatawan yang terdiri dari rombongan, keluarga dan pasangan muda-mudi terlihat asyik menikmati pemandangan dan berfoto meski cuaca siang itu begitu terik.

Advertisement

Salah satu pengunjung, Andre Bakti, merupakan wisatawan asal Cikarang, Jawa Barat. Ia datang ke Jogja sejak 30 April lalu untuk berlibur bersama kekasihnya. "Rencananya ke Breksi, Candi Prambanan terus Candi Ijo. Paling pantai Ocean View," ujarnya.

Mereka berlibur di Jogja sampai 4 Mei. Jogja dipilih sebagai tujuan liburan karena ada banyak destinasi wisata dengan pemandangan indah dan wisata dengan nikai sejarah. "Karena banyak wisatanya, viewnya bagus, sejarah juga," ungkapnya.

Andre mengaku sudah kedua kalinya berkunjung ke Tebing Breksi. Apa yang membuatnya tertarik adalah karena terdapat seni pahatan yang indah dan bagus untuk spot foto. "Seni-seninya sih bagus, pahatannya," ungkapnya.

Pengunjung lainnya, Agus, merupakan warga Karawang, Jawa Barat. Ia berkunjung ke Tebing Breksi bersama anak dan istrinya menggunakan mobil pribadi. "Kami tadinya mudik ke Purwokerto, terus karena libur panjang sekalian ke Jogja," katanya.

Sama seperti Andre, Agus memilih Jogja sebagai kota untuk menghabiskan liburan karena banyak pilihan wisatanya. Sebelum ke Tebing Breksi, ia juga sudah berkunjung ke Malioboro. Rencananya ia juga akan mengunjungi pantai di Gunungkidul.

Alasan kedua yakni karena liburan ke Jogja jaih lebih terjangkau harganya dibanding kota di Jawa Barat. "Kalau saya tinggal di Karawang otomatis wisatanya ke daerah Bandung. Kalau dibandingkan dengan jogja lumayan jauh," ungkapnya.

Maka dengan bujet yang sama, di Jogja bisa untuk berwisata ke lebih banyak lokasi. Agus yang baru pertama kali ke Tebing Breksi ini mengaku lokasi ini memiliki pemandangan yang lebih bagus ketika datang langsung dibanding fotonya.

Advertisement

Ia pun menyarankan agar wisatawan yang hendak berkunjung ke Tebing Breksi sebaiknya memilih waku sore hari ketika Matahari sudah agak redup. "Kalau siang panas sekali," ujarnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement