Harga Tiket Bus di Wonosari Ikut Naik

Sejumlah penumpang sedang menunggu keberangkatan bus di Terminal Dhaksinarga, Wonosari. Jumat (6/5/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan
06 Mei 2022 20:27 WIB Bernadheta Dian Saraswati Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Armada bus antar kota antar provinsi menjadi salah satu moda untuk transportasi Lebaran. Seiring dengan meningkatkan permintaan, harga bus di Terminal Dhaksinarga di Kapanewon Wonosari ikut naik.

Di hari biasa, tiket jurusan Jakarta dan beberapa kota lainnya dipatok paling murah seharga Rp 200.000 untuk satu orang. Sedangkan, paling mahal Rp400.000 per orang untuk kelas sleeper.

Namun demikian, saat arus balik Lebaran tiket mengalami kenaikan. Untuk kelas AC Patas dipatok Rp350.000 per orang, sedang kelas sleeper atau bus tingkat seharga Rp600.000 per penumpang.

Salah seorang agen tiket bus di Terminal Dhaksinarga, Suhardi mengatakan, selama lebaran ada kenaikan tiket bus. Ia mengungkapkan, rata-rata kenaikan Rp150.000 di setiap kelasnya. "Sudah kami umumkan dan memang untuk Lebaran ada kenaikan harga tiket," katanya, Jumat (6/5/2022).

Meski ada kenaikan, antusiasme calon penumpang tidak berkurang. Hardi mengakui sejak tiga hari lalu sudah mulai terlihat peningkatan penumpang yang akan berangkat. “Sudah banyak dan diprediksi akan berlangsung sampai Minggu [8/5/2022],“ ungkapnya.

Disinggung mengenai ketersediaan tiket, ia mengaku masih tersedia. Menurut dia, calon penumpang masih bisa membeli di lokasi dan langsung berangkat sesuai dengan tujuan.

"Memang banyak yang sudah penuh. Tapi, masih ada beberapa bus yang saat berangkat menyisakan kursi yang kosong. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir," katanya.