Advertisement

Biar Tidak Terkena Macet, Simak Jalur Alternatif di Kulonprogo

Anisatul Umah
Sabtu, 07 Mei 2022 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Biar Tidak Terkena Macet, Simak Jalur Alternatif di Kulonprogo Pemudik sepeda motor. - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Jalan Nasional di Kulonprogo menjadi jalur utama selama mudik dan balik lebaran 2022. Jika di jalur utama mengalami kepadatan ada opsi jalur alternatif yang bisa diambil.

Kepala Dinas Perhubungan Kulonprogo Lucius Bowo Pristyanto mengatakan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang membentang dari Barat sampai Timur melewati Kulonprogo bisa menjadi jalur alternatif jika terjadi kepadatan.

Advertisement

"Jalur utama kita di Jalan Nasional Jogja-Purworejo. Kalau Jalan Nasional kita bebannya berlebih kita lempar melalui JJLS, jalur alternatif pertama sisi selatan," ujarnya kepada Harian Jogja ditemui di pos pantau Kulonprogo, Jumat (6/5/2022).

Lalu jalur alternatif tengah di ruas Toyan menuju Bantul. Menurutnya pada Lebaran kedua dan ketiga jalur alternatif ini dimanfaatkan untuk mengurai beban.

Jalur alternatif berikutnya dari Magelang ke Ngeplang Sentolo. Menampung arus lalu lintas dari bandara menuju ke Magelang, Temanggung, dan Wonosobo.

"Jalannya relatif mulus, tapi tetap perlu waspada karena berkelok," ucapnya.

Baca juga: Mudik ke Jogja, Sultan: Ingat, Pandemi Belum Selesai!

Secara teori berdasarkan survei, kata Bowo, arus balik mestinya terjadi pada Jumat (6/5/2022) dan Sabtu (7/5/2022). Tapi pada hari Jumat kondisi jalan sudah relatif lancar.

Dia menjelaskan, untuk arus balik arah kendaraan tidak semuanya ke Barat. Sebagian kendaraan mengarah ke Magelang untuk masuk tol di Bawen.

Advertisement

"Memang kecenderungan banyak pengguna jalan balik Jogja, orang Kulonprogo menuju ke tol di Bawen," jelasnya.

Sebelumnya, menurut Bowo arus balik puncaknya terjadi pada H-1 dan H-2. Untuk H+3 dan H+4 pergerakan kendaraan banyak yang menuju ke lokasi wisata.

Kasi Humas Polres Kulonprogo, IPTU I Nengah Jeffry menjelaskan untuk para pemudik ke arah Magelang bisa menggunakan jalur alternatif diarahkan ke jalan Sentolo - Kalibawang.

"Untuk arah Klaten dapat menggunakan jalur Brosot - Srandakan atau jalur selatan," ucapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement