Advertisement

Libur Lebaran Selesai, Gunungkidul Kembali Siaga Covid-19

David Kurniawan
Senin, 09 Mei 2022 - 13:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Libur Lebaran Selesai, Gunungkidul Kembali Siaga Covid-19 Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Aji Styawan\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kesehatan Gunungkidul mulai mengantisipasi adanya potensi lonjakan kasus Covid-19 pascalibur Lebaran. Selain menyiagakan para petugas medis, juga tetap mempertahankan ruang perawatan yang sampai saat ini mencapai 137 tempat tidur.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty berharap tidak ada lonjakan kasus penularan virus corona setelah perayaan Idulfitri. Meski demikian, dalam momen Lebaran dua tahun terakhir ada tren peningkatan kasus sehingga harus dilakukan antisipasi tentang potensi lonjakan.

Advertisement

“Dampaknya bisa terlihat setelah tiga pekan tetapi harapannya tidak ada lonjakan kasus penularan baru,” kata Dewi, Senin (9/5/2022). Berbagai antisipasi telah dilakukan mulai dari penyiagaan petugas medis hingga kelengkapan sarana prasarana pendukung didalam perawatan.

Selain itu, kamar tidur perawatan juga tetap dipertahanan yang jumlahnya mencapai 137 unit meski kasus sudah sangat menurun. “Tempat tidur perawatan tetap dipertahankan karena untuk berjaga-jaga adanya potensi lonjakan pascalebaran,” ungkapnya.

Sampai Senin siang, dari 137 kamar tidur perawatan yang dipakai hanya tiga unit sedangkan untuk 134 kamar lainnya tetap dibiarkan kosong tanpa diubah untuk merawat pasien non-Covid-19. “Kasus aktif ada sembilan orang dan ada tiga pasien yang dirawat di rumah sakit,” katanya.

Dia berharap kepada masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Langkah ini sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona. “Tidak boleh abai dan selama pandemic masih ada, maka ancaman penularan juga tetap ada. Jadi penerapan protokol kesehatan harus terus dijalankan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement