Advertisement

Warga TPST Piyungan Ingin Bertemu Soal TPST, Begini Respons Sultan HB X

Sunartono
Selasa, 10 Mei 2022 - 14:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Warga TPST Piyungan Ingin Bertemu Soal TPST, Begini Respons Sultan HB X Gubernur DIY Sri Sultan HB X - Istimewa

Advertisement

Harian Jogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB X memberikan respons terkait dengan permintaan warga TPST Piyungan yang ingin bertemu. Sultan memastikan proses perluasan TPST Piyungan tetap akan dilakukan.

Dimintai tanggapan soal keinginan warga sekitar TPST Piyungan ingin bertemu, Sultan HB X menyatakan akan mengupayakan adanya waktu untuk bertemu. "Ya nanti diusahakan untuk bisa punya waktu [untuk bertemu]," katanya di kompleks Kepatihan, Selasa (10/5/2022).

Advertisement

Sebagaimana diketahui warga sekitar TPST Piyungan menutup akses jalan pembuangan sampah selama beberapa hari terakhir. Mereka menolak transisi TPST Piyungan ke lokasi baru.

Sultan memastikan pemerintah akan memperluas TPST Piyungan karena kondisi saat ini sudah penuh. Di sisi lain tanah yang sudah disiapkan Pemda DIY juga sudah siap. "Yang penting kami akan memperluas [TPST] Piyungan, karena yang ada ini sudah penuh dan tanah juga sudah siap," ucapnya.

Pengelolaan sampah TPST Piyungan saat ini dalam proses pengalihan ke swasta melalui mekanisme kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU) yang ditangani Pemerintah Pusat. Proses KPBU tersebut masih butuh waktu cukup lama karena melakukan berbagai studi dan mencari investor.

"Hanya masalahnya punya problem teknisnya itu antara penuhnya sampah di sana [TPST] sama hasil studi KBPU yang dilakukan Pemerintah Pusat itu perlu waktu panjang daripada kebake [penuhnya] sampah di sana kan gitu," kata Sultan.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Akhirnya Tahan Tersangka Korupsi Helikopter AW-101

News
| Selasa, 24 Mei 2022, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Senin, 23 Mei 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement